RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA MODEL KETERAMPILAN PROSES
SILABUS
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/semester : IV
Setandar Kompetensi :
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
pokok pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
belajar
|
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya.
|
Struktur bunga dan fungsinya
|
|
|
|
2 JP x 35 menit
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD N Klewor 02
Kelas/semester :
IV/I
Maple : IPA
Waktu : 2 Jam Pelajaran @
35 menit
A. Standar Kompetensi :
Memahami hubungan antara struktur
bagian tumbuhan dengan fungsinya.
B. Kompetensi Dasar :
Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya.
C. Indikator
1. Mengidentifikasi bagian-bagian bunga.
2. Mengidentifikasi ciri-ciri bagian bunga.
3. Mengidentifikasi cirri-ciri bunga sempurna dan tidak sempurna.
4. Membedakan bunga yang sempurna dengan bunga yang tidak sempurna.
5. Mengidentifikasi funsi bagian-bagian bunga.
6. Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.
D. Tujuan
1. Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian bunga.
2. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri bagian bunga.
3. Siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri bunga sempurna dan tidak sempurna.
4. Siswa dapat membedakan antara bunga yang sempurna dengan bunga yang tidak
sempurna.
5. Siswa dapat mengidentifikasi funsi bagian-bagian bunga.
6. Siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.
E. Materi
1. Struktur dan fungsi bunga.
2. Bagian-bagian bunga:
3. Mahkota bunga.
4. Benang sari.
5. Putik.
6. Kelopak bunga.
7. Tangkai bunga.
(MATERI TERLAMPIR)
1. Pendekatan Ketrampilan Proses
Langkah-langkah pembelajaran.
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
I.
II.
III.
|
Kegiatan
Awal :
Kegiatan
Inti
Kegiatan
Akhir
|
10 menit
45 menit
15 menit
|
F. Alat dan Sumber Belajar
Alat : Bunga.
Sumber Belajar : Azam,
Much.2008. Akrab dengan Dunia IPA. Solo: PT Tiga Serangakai Pustaka Mandiri.
ES, Sri Mulyani.2006. Anatomi
Tumbuhan. Jogjakarta : Kanisius.
G. Alat Evaluasi
Tes Tulis
1. Sebutkan bagian-bagian bunga sempurna!
2. Jelaskan fungsi bagian-bagian bunga!
3. Berikan contoh bunga sempurna!
4. Berikan contoh bunga tidak sempurna !
Kunci Jawaban
- Bagian-bagian bunga yaitu:
a. Tangkai bunga
b. Kelopak bunga
c. Mahkota bunga
d. Benang sari
e. Putik
2. Fungsi bagian-bagian bunga:
a. Tangkai bunga : menghubungkan bunga dengan batang.
b. Kelopak bunga : membungkus bunga yang belum mekar.
c. Mahkota bunga : sebagai perhiasan bunga.
d. Benang sari : alat kelamin jantan.
e. Putik : alat kelamin betina
3. Bunga sepatu.
- Contoh bunga tidak sempurna:
a. Bunga kamboja
b. Bunga melati
c. Bunga eforbia
Skala penilaian :
Jumlah jawaban benar X 100 = NA
Jumlah soal
Penilaian Unjuk Kerja.
Rubrik Penilaian
Kelengkapan
|
Ketelitian
|
Kesesuaian
Hasil
|
Ketepatan
Waktu
|
|
Sangat
baik
|
Bila
seluruh bunga (4) tersedia dalam kelompok
|
Bila
seluruh bunga telah diidentifikasi
|
Bila hasil
kerja yang dicapai 81% – 100 %
|
Bila telah
selesai tepat waktu
|
Baik
|
Bila bunga
yang tersedia dalam kelompok berjumlah 3
|
Bila bunga
yang diidentifikasi hanya 3 bunga
|
Bila hasil
kerja yang dicapai 61% – 80 %
|
Bila waktu
yang di gunakan molor 25 %
|
Cukup
|
Bila bunga
tersedia dalam kelompok (2)
|
Bila bunga
yang diidentifikasi hanya 2 bunga
|
Bila hasil
kerja yang dicapai 41% – 60 %
|
Bila waktu
yang digunakan molor 50 %
|
Kurang
|
Bila bunga
yang tersedia dalam kelompok (1)
|
Bila bunga
yang diidentifikasi hanya 1 bunga
|
Bila hasil
kerja yang dicapai 21% – 40 %
|
Bila waktu
yang digunakan molor 75 %
|
Sangat Kurang
|
Bila tidak
ada bunga sama sekali dalam kelompok
|
Bila
tidakada bunga yang diidentifikasi
|
Bila hasil
kerja yang dicapai 0% – 20 %
|
Bila waktu
yang di gunakan molor 100 %
|
Kriteria :
1. Sangat baik bila keempat kriteri penilaian terpenuhi.
2. Baik bila memenuhi tiga kritera penilaian.
3. Cukup bila memenuhi dua kriteria penilaian.
4. Kuarang bila memenuhi satu criteria penilaian.
5. Sangat kurang sekali bila tidak memenuhi kriteria penilaian sama sekali.
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Judul :
Pengamatan bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan hubungan antara bunga
dengan fungsinya.
Indikator :
1. Mengidentifikasi bagian-bagian bunga.
2. Mengidentifikasi ciri-ciri bagian bunga.
3. Mengidentifikasi ciri-ciri bunga sempurna dan tidak sempurna.
4. Mengidentifikasi funsi bagian-bagian bunga.
5. Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.
Alat dan Bahan :
1. Alat : bolpoint, pensil, kertas.
2. Bahan : bunga sepatu, bunga kamboja, bunga melati, bunga eforbia.
Langkah kegiatan :
1. Siapkan alat dan bahan yang sudah dibawa.
2. Amati bagian-bagian bunga, meliputi:
a. Tangkai bunga
b. Kelopak bunga
c. Benang sari
d. Putik
e. Mahkota bunga
f. Bagian-bagian lain (daun bunga, bakal biji)
3. Tulislah hasil pengamatan.
4. Diskusikan hasil pengamatan yang telah dilakukan dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
5. Jelaskan fungsi bagian-bagian bunga di atas.
Pertanyaan.
1. Dari pengamatan yang telah dilakukan, bagaimana ciri-ciri bunga yang
sempurna?
2. Dari pengamatan yang telah dilakukan, bagaimana ciri-ciri bunga yang tidak
sempurna?
3. Bunga apa saja yang termasuk bunga sempurna?
4. Bunga apa saja yang termasuk bunga tidak sempurna?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar