Sabtu, 03 Desember 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA MODEL KETERAMPILAN PROSES



SILABUS
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : IV
Setandar Kompetensi : Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
Kompetensi Dasar
Materi pokok pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya.
Struktur bunga dan fungsinya
  • Guru memberikan apersepsi berupa gambar bunga.
  • Siswa dibimbing untuk membentuk kelompok kelompok kecil.
  • Guru memberikan LKS pada masing-masing kelompok tentang pengamatan bunga.
  • Siswa melakukan pengamatan dengan dibimbing oleh guru.
  • Setiap kelompok maju ke depan kelas untuk membacakan hasil pengamatan.
  • Mengidentifikasi bagian-bagian bunga.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri bagian bunga.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri bunga sempurna dan tidak sempurna.
  • Membedakan antara bunga yang sempurna dan bunga tidak sempurna
  • Mengidentifikasi funsi bagian-bagian bunga.
  • Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.
  • Tes : Tulis
  • Non tes :
  1. Unjuk kerja (pengamatan)
  2. Penugasan
2 JP x 35 menit
  • Bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.
  • Buku yang memuat materi tentang bunga.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : SD N Klewor 02
Kelas/semester             : IV/I
Maple                            : IPA
Waktu                           : 2 Jam Pelajaran @ 35 menit
A.  Standar Kompetensi :
 Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
B.  Kompetensi Dasar :
Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya.
C.  Indikator
1.      Mengidentifikasi bagian-bagian bunga.
2.      Mengidentifikasi ciri-ciri bagian bunga.
3.      Mengidentifikasi cirri-ciri bunga sempurna dan tidak sempurna.
4.      Membedakan bunga yang sempurna dengan bunga yang tidak sempurna.
5.      Mengidentifikasi funsi bagian-bagian bunga.
6.      Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.
D.  Tujuan
1.      Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian bunga.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri bagian bunga.
3.      Siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri bunga sempurna dan tidak sempurna.
4.      Siswa dapat membedakan antara bunga yang sempurna dengan bunga yang tidak sempurna.
5.      Siswa dapat mengidentifikasi funsi bagian-bagian bunga.
6.      Siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.
E.     Materi
1.      Struktur dan fungsi bunga.
2.      Bagian-bagian bunga:
3.      Mahkota bunga.
4.      Benang sari.
5.      Putik.
6.      Kelopak bunga.
7.      Tangkai bunga.
(MATERI TERLAMPIR)
1.      Pendekatan Ketrampilan Proses
Langkah-langkah pembelajaran.
No.
Kegiatan
Waktu
I.
II.
III.
Kegiatan Awal :
  • Guru memberikan salam kepada murid.
  • Guru mengabsen murid.
  • Guru memberikan apersepsi, antara lain:
  1. Guru memberikan contoh tanaman lengkap yang terdiri dari (akar, batang, daun dan bunga).
  2. Guru meminta siswa menyebutkan bagian-bagian dari tanaman tersebut.
  3. Guru menanyakan kepada siswa bagian mana yang paling menarik dan apa alasannya.
  4. Guru member stimulus kepada siswa untuk mempelajari tentang bunga secara lebih lanjut dan menunjukkan gambar bunga.
  5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
  • Guru membimbing siswa untuk membentuk kelompk kecil.
  • Guru membimbing siswa untuk menyiapkan alat dah bahan.
  • Guru memberikan lembar kerja siswa. (TERLAMPIR)
  • Siswa melakukan pengamatan bunga sesuai dengan Lembar Kerja Siswa.
  • Siswa mendiskusikan hasil pengamatan.
  • Setiap perwakilan kelompok maju kedepan kelas untuk membacakan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
  • Pemberian appluouse kepada siswa yang telah membacakan hasil pengamatan di depan kelas.
Kegiatan Akhir
  • Guru bersama dengan siswa menyimpulkan hasil kegiatan belajar.
  • Guru memberikan evaluasi.
  • Guru memberikan PR dari buku “Akrab dengan Dunia IPA” hal 130 s.d hal 132.
  • Guru menutup kegiatan belajar dengan do’a.
10 menit
45 menit
15     menit
F.     Alat dan Sumber Belajar
Alat                  : Bunga.
Sumber Belajar : Azam, Much.2008. Akrab dengan Dunia IPA. Solo: PT Tiga Serangakai Pustaka Mandiri.
ES, Sri Mulyani.2006. Anatomi Tumbuhan. Jogjakarta : Kanisius.
G.    Alat Evaluasi
Tes Tulis
1.      Sebutkan bagian-bagian bunga sempurna!
2.      Jelaskan fungsi bagian-bagian bunga!
3.      Berikan contoh bunga sempurna!
4.      Berikan contoh bunga tidak sempurna !
Kunci Jawaban
  1. Bagian-bagian bunga yaitu:
a.       Tangkai bunga
b.      Kelopak bunga
c.       Mahkota bunga
d.      Benang sari
e.       Putik
2.      Fungsi bagian-bagian bunga:
a.       Tangkai bunga : menghubungkan bunga dengan batang.
b.      Kelopak bunga : membungkus bunga yang belum mekar.
c.       Mahkota bunga : sebagai perhiasan bunga.
d.      Benang sari : alat kelamin jantan.
e.       Putik : alat kelamin betina
3.      Bunga sepatu.
  1. Contoh bunga tidak sempurna:
a.       Bunga kamboja
b.      Bunga melati
c.       Bunga eforbia
Skala penilaian :
Jumlah jawaban benar X 100 = NA
Jumlah soal
Penilaian Unjuk Kerja.
Rubrik Penilaian

Kelengkapan
Ketelitian
Kesesuaian Hasil
Ketepatan Waktu
Sangat baik
Bila seluruh bunga (4) tersedia dalam kelompok
Bila seluruh bunga telah diidentifikasi
Bila hasil kerja yang dicapai 81% – 100 %
Bila telah selesai tepat waktu
Baik
Bila bunga yang tersedia dalam kelompok berjumlah 3
Bila bunga yang diidentifikasi hanya 3 bunga
Bila hasil kerja yang dicapai 61% – 80 %
Bila waktu yang di gunakan molor 25 %
Cukup
Bila bunga tersedia dalam kelompok (2)
Bila bunga yang diidentifikasi hanya 2 bunga
Bila hasil kerja yang dicapai 41% – 60 %
Bila waktu yang digunakan molor 50 %
Kurang
Bila bunga yang tersedia dalam kelompok (1)
Bila bunga yang diidentifikasi hanya 1 bunga
Bila hasil kerja yang dicapai 21% – 40 %
Bila waktu yang digunakan molor 75 %
Sangat Kurang
Bila tidak ada bunga sama sekali dalam kelompok
Bila tidakada bunga yang diidentifikasi
Bila hasil kerja yang dicapai 0% – 20 %
Bila waktu yang di gunakan molor 100 %
Kriteria :
1.      Sangat baik bila keempat kriteri penilaian terpenuhi.
2.      Baik bila memenuhi tiga kritera penilaian.
3.      Cukup bila memenuhi dua kriteria penilaian.
4.      Kuarang bila memenuhi satu criteria penilaian.
5.      Sangat kurang sekali bila tidak memenuhi kriteria penilaian sama sekali.
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Judul                              : Pengamatan bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.
Kompetensi Dasar         : Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya.
Indikator :
1.      Mengidentifikasi bagian-bagian bunga.
2.      Mengidentifikasi ciri-ciri bagian bunga.
3.      Mengidentifikasi ciri-ciri bunga sempurna dan tidak sempurna.
4.      Mengidentifikasi funsi bagian-bagian bunga.
5.      Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.
Alat dan Bahan :
1.      Alat : bolpoint, pensil, kertas.
2.      Bahan : bunga sepatu, bunga kamboja, bunga melati, bunga eforbia.
Langkah kegiatan :
1.      Siapkan alat dan bahan yang sudah dibawa.
2.      Amati bagian-bagian bunga, meliputi:
a.       Tangkai bunga
b.      Kelopak bunga
c.       Benang sari
d.      Putik
e.       Mahkota bunga
f.       Bagian-bagian lain (daun bunga, bakal biji)
3.      Tulislah hasil pengamatan.
4.      Diskusikan hasil pengamatan yang telah dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
5.      Jelaskan fungsi bagian-bagian bunga di atas.
Pertanyaan.
1.      Dari pengamatan yang telah dilakukan, bagaimana ciri-ciri bunga yang sempurna?
2.      Dari pengamatan yang telah dilakukan, bagaimana ciri-ciri bunga yang tidak sempurna?
3.      Bunga apa saja yang termasuk bunga sempurna?
4.      Bunga apa saja yang termasuk bunga tidak sempurna?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar