SKENARIO PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR MODEL INQUIRY
SKENARIO
PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR MODEL INQUIRY
Sekolah : SD Negeri Klewor 02
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Pokok
Bahasan : Hewan dan jenis
makanannya
Semester
/ kelas : II (dua) / V (lima)
Hari/Tanggal
:
Sabtu, 3 Mei 2014
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
3. Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya
B. Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kognitif: Produk
1.
Menyebutkan hewan dan jenis
makanannya.
2.
Mendeskripsikan hewan dan jenis
makanannya.
Kognitif: Proses
1.
Menjodohkan gambar hewan dan jenis
makanannya.
2.
Membuat kesimpulan berdasarkan
gambar.
Psikomotor
1.
Melakukan pengamatan terhadap gambar
hewan dan jenis makannya..
Afektif
1.
Melakukan komunikasi:menjawab pertanyaan, bertanya, dan berpendapat.
2.
Melakukan kerjasama.
D. Tujuan
Pembelajaran
Pengetahuan: Produk
1.
Dengan tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan hewan dan jenis
makanannya. Dengan diberikan gambar hewan dan jenis makanannya siswa dapat mengetahui
berbagai jenis hewan dan makannya.
Pengetahuan: Proses
2.
Dengan diberikan gambar hewan dan jenis makannya maka siswa dapat
menganalisis jenis hewan dan makannya.
3.
Dengan diberikan data hasil percobaan, siswa dapat membuat simpulan
hubungan jenis cermin dengan bayangan yang terbentuk sesuai dengan
kunci jawaban.
Psikomotor
4.
Dengan diberikan berbagai gambar, siswa dapat membedakan berbagai jenis hewan dan
makanannya..
Afektif
5.
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa
dapat menjodohkan berbagai hewan dan jenis makanannya.dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat.
6.
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan
kerjasama dengan baik dalam kelompok.
E. Pengalaman Belajar
Pengalaman belajar dalam pembelajaran IPA pada
hakekatnya mencangkup berbagai kegiatan yang bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.
Memperoleh keyakinan
terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan
keteraturan alam ciptaan-Nya
2.
Mengembangkan
pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengembangkan rasa ingin
tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling
mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.
Mengembangkan
keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan
membuat keputusan
5.
Meningkatkan kesadaran
untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
6.
Meningkatkan kesadaran
untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan
Tuhan
7.
Memperoleh bekal
pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA
Langkah kegiatan
pembelajaran IPA meliputi :
Guru memberi salam dan siswa menjawab salam, lalu berdoa secara
bersama-sama. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa. Guru
mengadakan apersepsi dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan siswa menjawab
pertanyaan dari guru. Pertanyaan dari guru antara lain:
a.
Siapa diantara kalian yang di rumah
memelihara hewan?
b.
Sebutkan hewan yang kalian pelihara
di rumah.
c.
Apa makanan hewan yang kalian
pelihara?
Guru menjelaskan materi pelajaran dan siswa mendengarkan penjelasan dari
guru. Guru mendemonstrasikan macam-macam hewan dan jenis makannya menggunakan
gambar. Siswa memperhatikan demonstrasi dari guru. Guru memberikan contoh
dengan memilih salah satu hewan sesuai jenis makannya dan ditempelkan pada
papan tulis. Guru menunjuk salah satu siswa untuk memilih salah satu hewan dan
menjodohkan dengan jenis makannya, lalu ditempelkan pada papan tulis. Siswa
yang ditunjuk oleh guru memilih salah satu temannya. Kegiatan ini berlangsung
hingga gambar yang ada habis. Guru memberikan tugas dengan menuliskannya di
papan tulis. Tugas dikerjakan oleh siswa di buku tulis masing-masing secara
individu. Guru menunjuk alah satu siswa yang pada pembelajaran belum menjawab
pertanyaan yang di ajukan dan belum pernah di ditunjuknya. Siswa mengerjakannya
di papan tulis. Siswa yang ditunjuk oleh guru, lalu memilih salah satu temannya
yang belum ditunjuk oleh guru pada pembelajaran. Kemudian Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Siswa duduk
sesuai kelompoknya.
Guru membagikan soal yang berupa kotak berisi materi. Setiap kelompok harus
menjawab pertanyaan dan menuliskannya pada titik-titik yang ada, lalu mengarsir
kata yang ada di kotak dengan pena berwarna (jika ada) juga memberi nomor kotak
yang diarsir. Siswa yang telah selesai mengerjakan soal mengumpulkan hasil
diskusinya kepada guru.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari
3 orang. Siswa duduk sesuai kelompoknya. Guru membagikan soal yang berupa kotak
berisi materi. Setiap kelompok harus menjawab pertanyaan dan menuliskannya pada
titik-titik yang ada, lalu mengarsir kata yang ada di kotak dengan pena
berwarna (jika ada) juga memberi nomor kotak yang diarsir. Siswa yang telah
selesai mengerjakan soal mengumpulkan hasil diskusinya kepada guru. Guru
bersama siswa membahas jawaban dari soal tersebut secara bersama-sama.
Perwakilan dari setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis. Dengan
bimbingan dari guru maka, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari
ini. Guru memberikan PR yang berkaitan dengan materi.
F. Rincian Materi
1. Bahan Pembelajaran dari
buku siswa:
a. Buku paket IPA Kelas 4 Semester 1 penerbit Yudhistira
b. Buku paket IPA Kelas 4 Semester 1 penerbit Departemen Pendidikkan Nasional.
2. Sumber Belajar
a. Gambar hewan dan jenis makannya
b. Permainan word squre
G. Evaluasi
Pernilaian berbasis kelas dalam pembelajaran ini dapt dilakukan
selama proses dan akhir pembelajaran dengan menggunakan alat-alat
penilaian sebagai berikut:
a.
Tertulis
Jenis penilaian ini diberikan secara individual kepada
siswa. Hasil pekerjaan siswa dapat dikoreksi langusng oleh siswa secara
silang/saling menukar hasil pekerjaan dengan kunci jawaban yang telah
disediakan.
b.
Kinerja
Penilaian kinerja ini dilakukan dengan LKS.
H. Tindak Lanjut dan Pemberian Penghargaan
Tahap ini ditempuh untuk memberikan penghargaan kepada
siswa yang telah mencapai hasil sesuai dengan KKM dan menyelenggarakan
perbaikan bagi siswa yang belum mencapai KKM. Dalam kegiatan pembelajaran
kelompok, tahap ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi terhadap kelompok
yang terbaik. Penetapan ini diumumkan pada pertemuan sebelum melaksankan
rencana pembelajaran selanjutnya.
I. Sumber Belajar
S. Rositawaty, dkk. 2008. Senang Belajar IImu Pengetahuan Alam 4. Jakarta.
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
LAMPIRAN :
1. Petikan silabus
terkait
2. LKS dan rambu jawaban
LKS
3. Kisi-kisi Lembar
Pertanyaan dan kunci/rambu jawaban Lembar Pertanyaan
4. Buku Sains Untuk
Sekolah Dasar Kelas IV Penerbit Yudhistira
5. Buku Sains Untuk
Sekolah Dasar Kelas IV Penerbit Departemen Pendidikan Nasional.
6. RPP
7. Power Point
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri Klewor 02
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Pokok
Bahasan : Hewan dan jenis
makanannya
Semester
/ kelas : II (dua) / V (lima)
Hari/Tanggal
:
Sabtu, 3 Mei 2014
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
3. Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya
B. Kompetensi Dasar
3.1
Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
3.2
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kognitif: Produk
a. Menyebutkan
hewan dan jenis makanannya.
b. Mendeskripsikan
hewan dan jenis makanannya.
Kognitif:
Proses
c. Menjodohkan
gambar hewan dan jenis makanannya.
d. Membuat
kesimpulan berdasarkan gambar.
Psikomotor
e.
Melakukan pengamatan terhadap gambar
hewan dan jenis makannya..
Afektif
f. Melakukan komunikasi:menjawab pertanyaan, bertanya, dan berpendapat.
g. Melakukan kerjasama.
D. Tujuan
Pembelajaran
Pengetahuan: Produk
1.
Dengan tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan hewan dan jenis
makanannya. Dengan diberikan gambar hewan dan jenis makanannya siswa dapat mengetahui
berbagai jenis hewan dan makannya.
Pengetahuan:
Proses
1. Dengan diberikan gambar hewan dan
jenis makannya maka siswa dapat menganalisis jenis hewan dan makannya.
2. Dengan diberikan data hasil
percobaan, siswa dapat membuat simpulan hubungan jenis cermin dengan
bayangan yang terbentuk sesuai dengan kunci jawaban.
Psikomotor
1.
Dengan diberikan berbagai gambar,
siswa dapat membedakan berbagai jenis hewan dan makanannya..
Afektif
1.
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat menjodohkan berbagai
hewan dan jenis makanannya.dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat.
2.
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan
kerjasama dengan baik dalam kelompok.
E. Materi
Pembelajaran
Jenis
makanan hewan dan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, picture and picture,
pemberian tugas, diskusi, word squre.
G. Skenario Pembelajaran
a. Kegiatan
Awal ( 10 menit )
1. Guru memberi
salam dan siswa menjawab salam, lalu berdoa secara
bersama-sama.
2. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
3. Guru
mengadakan apersepsi dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan siswa menjawab
pertanyaan dari guru. Pertanyaan dari guru antara lain:
a. Siapa
diantara kalian yang di rumah memelihara hewan?
b. Sebutkan
hewan yang kalian pelihara di rumah.
c. Apa makanan
hewan yang kalian pelihara?
b. Kegiatan
Inti ( 50 menit )
1. Guru
menjelaskan materi pelajaran dan siswa mendengarkan penjelasan dari guru.
2. Guru
mendemonstrasikan macam-macam hewan dan jenis makannya menggunakan gambar.
Siswa memperhatikan demonstrasi dari guru.
3. Guru
memberikan contoh dengan memilih salah satu hewan sesuai jenis makannya dan
ditempelkan pada papan tulis.
4. Guru
menunjuk salah satu siswa untuk memilih salah satu hewan dan menjodohkan dengan
jenis makannya, lalu ditempelkan pada papan tulis. Siswa yang ditunjuk oleh guru
memilih salah satu temannya. Kegiatan ini berlangsung hingga gambar yang ada
habis.
5. Guru
memberikan tugas dengan menuliskannya di papan tulis. Tugas dikerjakan oleh
siswa di buku tulis masing-masing secara individu.
6. Guru
menunjuk siswa yang pada pembelajaran belum bisa menjawab pertanyaan yang di
ajukan dan belum pernah ditunjuknya. Siswa mengerjakannya di papan tulis. Siswa
yang ditunjuk oleh guru, lalu memilih salah satu temannya yang belum ditunjuk oleh Guru pada pembelajaran.
7. Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Siswa
duduk sesuai kelompoknya.
8. Guru
membagikan soal yang berupa kotak berisi materi. Setiap kelompok harus menjawab
pertanyaan dan menuliskannya pada titik-titik yang ada, lalu mengarsir kata
yang ada di kotak dengan pena berwarna (jika ada) juga memberi nomor kotak yang
diarsir.
9. Siswa yang
telah selesai mengerjakan soal mengumpulkan hasil diskusinya kepada guru.
10. Guru bersama
siswa membahas jawaban dari soal tersebut secara bersama-sama. Perwakilan dari
setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis.
c. Kegiatan
Akhir ( 10 menit )
1. Dengan
bimbingan dari guru maka, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari
ini.
2. Guru
memberikan PR yang berkaitan dengan materi.
3. Pelajaran
diakhiri dengan mengucapkan salam.
H. Alat dan Bahan
Buku paket Yudhistira kelas 4
semester 1, buku BSE judul Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4 penerbit
Departemen Pendidikan Nasional. gambar hewan dan jenis makanannya.
I.
Penilaian
Tes dengan
mengerjakan soal
Nontes
dengan keaktifan siswa, sikap dan minat siswa terhadap materi pelajaran.
MATERI
PEMBELAJARAN HEWAN DAN JENIS MAKANANNYA
A.
Sumber-Sumber
Makanan
Makanan hewan bersumber dari tumbuhan dan beberapa jenis hewan. Perbedaan
jenis makanan pada hewan menyebabkan ada penggolongan hewan. Berikut ini adalah sumber-sumber makanan hewan.
1.
Sumber Makanan dari
Tumbuhan
Tumbuhan merupakan sumber makanan yang sangat penting untuk hewan. Tanpa
ada tumbuhan, hewan apa pun tidak dapat hidup, baik secara langsung maupun
tidak langsung. Bagian-bagian tumbuhan yang menjadi makanan bagi hewan, antara
lain, daun, buah, bunga, batang, umbi, dan akar. Namun, setiap hewan pemakan
tumbuhan hanya memakan satu bagian tumbuhan atau beberapa bagian tumbuhan.
Kambing hanya memakan dedaunan. Ada pun monyet memakan buah-buahan dan kadang-kadang
daun-daunan. Sementara itu, panda memakan pucuk bambu. Dapatkah kamu menyebutkan
hewan-hewan lain yang memakan batang, umbi, atau akar tumbuhan.
2.
Sumber Makanan dari Hewan
Beberapa jenis hewan merupakan sumber makanan bagi hewan lainnya. Biasanya,
hewan yang menjadi sumber makanan bagi hewan lain adalah hewan pemakan tumbuhan.
Akan tetapi, ada juga hewan pemakan daging yang dimakan oleh pemakan daging
lainnya.
B. Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanan
Hewan setiap
hari makan. Makanan hewan-hewan ter sebut ada yang berasal dari tumbuhan dan ada yang
berasal dari hewan. Makanan yang berasal dari tumbuhan, diantaranya rumput,
buah- buahan dan biji-bijian. Adapun, makanan yang berasal dari hewan,
diantaranya daging. Berdasarkan jenis makanannya tersebut, hewan-hewan dapat
dikelompokkan ke dalam beberapa golongan. Penggolongan tersebut, antara lain, herbivor
(pemakan tum buhan), karni vor (pemakan daging), dan omni vor (pemakan
tumbuhan dan daging).
1. Hewan Pemakan Tum buhan (Herbivor)
Makanan kambing bersumber dari tumbuhan. Seperti telah dijelaskan pada
uraian sebelumnya, beberapa bagian dari tumbuhandimanfaatkan oleh hewan sebagai
makanan. Hewan yang memakan tumbuhan disebut herbivor. Hewan-hewan herbivor
memiliki ciri khusus. Ciri ini menandakan jenis makanan yang dimakannya. Selain
herbivor yang hidup di darat seperti kambing, kuda, dan gajah, ada pula burung
yang tergolong herbivor. Burung pemakan tum buhan ini memiliki ciri khusus,
terutama pada bentuk paruhnya. Contohnya adalah burung pipit pemakan biji dan
burung kolibri pengisap sari bunga.
2. Hewan Pemakan Daging
(Karnivor)
Hewan pemakan daging (karnivor)
merupakan hewan yang mencari makan dengan cara berburu hewan lain. Untuk
berburu dan mencari mangsa,
hewan karnivor biasanya memiliki senjata. Senjata itu dapat berupa gigi-gigi
yang tajam. Di samping itu, ada juga hewan karnivor yang memiliki senjata cakar
yang tajam. Hewan karnivor banyak sekali jenisnya. Selain karnivor yang hidup di darat,
ada pula karnivor yang dapat terbang dan karnivor yang hidup diair. Karnivor yang hidup di
darat contohnya singa. Sementara itu, karnivor yang dapat terbang contoh nya
burung hantu dan karnivor yang hidup di air contohnya hiu. Karnivor yang hidup
di darat, memiliki ciri yang menunjang untuk berburu mangsanya dan memakan
daging. Cirinya, yaitu memiliki gigi taring yang tajam dan cakar yang tajam,
kemam puan lari yang cepat. Karnivor yang dapat terbang, biasanya, memiliki
cakar yang kuat dan tajam, paruh yang melengkung dan tajam, serta peng lihatan
yang tajam. Karnivor yang hidup di air memiliki ciri gigi yang tajam dan kemampuan
berenang yang sangat cepat. Pada dasarnya, hewan pemakan serangga (insektivor) termasuk karni vor. Hal
tersebut dikarenakan hewan insektivor memakan hewan lain, yaitu serangga.
Contoh hewan insektivor, antara lain, kadal, katak, dan beberapa jenis burung.
3. Hewan
Pemakan Tumbuhan dan Daging (Omnivor)
Hewan pemakan tumbuhan dan daging (omnivor)
terkadang disebut juga sebagai hewan pemakan segala. Hewan omnivor tidak
memiliki ciri khusus yang menunjang untuk jenis makanannya. Contoh hewan
omnivor ialah tikus dan babi. Hewan-hewan tersebut dapat me makan tumbu han dan
hewan, karena hewan omnivor memiliki organ pencernaan yang dapat digunakan untuk
memakan makanan yang bersumber dari tumbuhan dan hewan.
LEMBAR KERJA
SISWA 1
Jawablah
soal di bawah ini berdasarkan jawaban yang ada di kotak, kemudian beri nomor
pada kotak jawaban dan diarsir menggunakan pena berwarna (jika ada) ! Nomor 1
merupakan contoh.
SOAL
1. Hewan pemakan
segala disebut omnivora
2. Hewan
pemakan daging disebut ………
3. Salah satu
hewan pemakan rumput yang hidup di gurun pasir adalah …..
4. Salah satu
hewan pemakan rumput yang mempunyai tanduk panjang adalah …..
5. Alat untuk
mengunyah makanan adalah …..
6. Salah satu
hewan pemakan daging yang termasuk binatang buas adalah ….
7. Salah satu
hewan pemakan daging yang berbentuk panjang dan tidak berkaki yang termasuk
reptil adalah ….
8. Hewan yang
disebut raja hutan dan pemakan daging adalah…………
9. Makanan
kambing adalah……..
10. Salah satu
hewan pemakan tumbuhan yang berbulu lebat adalah…
11. Salah satu
hewan ternak pemakan tumbuhan yang lebih besar dari kambing adalah…….
12. Salah satu
hewan pemakan dagng yang berkaki 4 yang hidup di darat dan di air termasuk
reptil adalah………..
13. Salah satu
pemakan daging yang hidup di air dan termasuk ikan adalah……..
14. Nama lain
dari hewan atau binatang adalah……….
15. Gigi yang
berguna untuk menggigit dan memotong makanan adalah……
Jawaban
Lembar Kerja Siswa 1
1. Hewan
pemakan segala disebut omnivora
2. Hewan
pemakan daging disebut karnivora
3. Salah satu
hewan pemakan rumput yang hidup di gurun pasir adalah unta
4. Salah satu
hewan pemakan rumput yang mempunyai tanduk panjang adalah rusa
5. Alat untuk
mengunyah makanan adalah gigi
6. Salah satu
hewan pemakan daging yang termasuk binatang buas adalah harimau
7. Salah satu
hewan pemakan daging yang berbentuk panjang dan tidak berkaki yang termasuk
reptil adalah ular
8. Hewan yang
disebut raja hutan dan pemakan daging adalah singa
9. Makanan
kambing adalah rumput
10. Salah satu
hewan pemakan tumbuhan yang berbulu lebat adalah domba
11. Salah satu
hewan ternak pemakan tumbuhan yang lebih besar dari kambing adalah sapi
12. Salah satu
hewan pemakan daging yang berkaki 4 yang hidup di darat dan di air termasuk
reptil adalah buaya
13. Salah satu
pemakan daging yang hidup di air dan termasuk ikan adalah hiu
14. Nama lain
dari hewan atau binatang adalah fauna
15. Gigi yang
berguna untuk menggigit dan memotong makanan adalah seri
EVALUASI
1. Berikut ini
bahan makanan yang bersumber dari hewan ialah ....
a. buah c. daun
b. daging d. batang
2. Contoh hewan yang
memakan pucuk bambu ialah………..
a.
kambing c. kuda
b.
monyet d. panda
3. Hewan-hewan pemakan
tumbuhan
disebut
juga ....
a.
herbivor c. omnivor
b.
karnivor d. insektivor
4. Omnivor merupakan
jenis hewan
pemakan
....
a.
serangga
b.
tumbuhan dan hewan
c.
tumbuhan
d. hewan
5. Salah satu contoh
burung pemakan
biji ialah burung....
a.
burung kolibri
b.
burung gagak
c.
burung pipit
d. bangau
KUNCI JAWABAN
1.
B
2.
D
3.
A
4.
B
5.
C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar