Senin, 19 Desember 2016

TUGAS AKHIR PROPOSAL KUALITATIF PROF. DR. SUTAMA



PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2103
PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 BAWU,
KEMUSU, BOYOLALI

PROPOSAL TESIS

Diajukan Kepada
Program Studi Magister Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta 
untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh 
Gelar Magister Administrasi Pendidikan



 






Oleh:
SRI WAHYUNI
Q 100 160 080

PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN 
PROGRAM PASCASARJANA 
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2016


PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2103
PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 BAWU,
KEMUSU, BOYOLALI



PERNYATAAN

Saya yang bertandatangan di bawah ini,
Nama               : Sri Wahyuni
NIM                :Q100 160 080
Program           : Magister Administrasi Pendidikan (MPd)
Judul Tesis     : PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2103 PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 BAWU, KEMUSU, BOYOLALI


Menyatakan dengan sebenarnya bahwa proposal tesis yang saya serahkan ini benar-benar hasil karya saya sendiri dan bebas plagiat karya orang lain, kecuali yang tertulis diacu/dikutip dalam naskah dan disebutkan pada daftar pustaka. Apabila di kemudian hari terbukti tesis ini hasil plagiat, saya akan bertanggung jawab sepenuhnya dan bersedia menerima sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Surakarta,    Desember  2016
Yang membuat pernyataan,

Sri Wahyuni
   Q100 160 080
Usulan Penelitian

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2103
PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 BAWU,
KEMUSU, BOYOLALI



Diajukan Oleh:
SRI WAHYUNI
Q100 160 080



Telah Disetujui Oleh:

Pembimbing




Prof. Dr. Sutama
NIK
      



Tanggal Persetujuan:         Desember 2016
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN SAMPUL...............................................................................            i
HALAMAN PERNYATAAN...........................................................................      ii
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING................................................... iii
DAFTAR ISI ......................................................................................................... iv
HALAMAN JUDUL.............................................................................................. 1
A.    JUDUL TESIS.............................................................................................       2
B.     PENDAHULUAN............................................................................................ 2
1.      Latar Belakang Penelitian............................................................................ 2
2.      Rumusan Masalah........................................................................................ 5
3.      Tujuan Penelitian.......................................................................................... 6
4.      Manfaat Penelitian....................................................................................... 6
a.       Manfaat Praktis...................................................................................... 6
1)     Bagi Guru......................................................................................... 6
2)     Bagi Kepala Sekolah........................................................................ 7
3)     Bagi Komite Sekolah....................................................................... 7
b.      Manfaat Teoritis..................................................................................... 6
C.     TINJAUAN PUSTAKA..............................................................................      7
1.      Kajian Teori..............................................................................................      7
a.       Model Pembelajaran Tematik..............................................................        7
1)      Pengertian Model Pembelajaran ....................................................       7
2)      Pengertian Pembelajaran Tematik...................................................      8
3)      Prinsip Dasar Pembelajaran Tematik..............................................       8
4)      Arti Penting Pembelajaran Tematik................................................       8
5)      Ruang Lingkup Pembelajaran Temtaik ..........................................      9
6)      Karakteristik Pembelajaran Tematik...............................................      9
7)      Langkah-Langkah Pembelajaran Tematik.....................................       9
a)      Perencanaan Pembelajaran Tematik......................................       10
b)      Pelaksanaan Pembelajaran dengan
Pendekatan Tematik...............................................................      10
c)      Mengevaluasi Pembelajaran Tematik....................................      11
b.      Karakteristik Siswa SD Kelas Rendah..............................................      11
2.      Penelitian Terdahulu.................................................................................... 12
D.    METODE  PENELITIAN........................................................................... ... 20
1.      Jenis dan DesainPenelitian......................................................................... 20
a.       Jenis Penelitian..................................................................................... 20
b.      Desain Penelitian.................................................................................. 21
2.      Tempat dan Waktu Penelitian.................................................................... 21
a.       Tempat Penelitian................................................................................. 21
b.      Waktu Penelitian..............................................................................     22
3.      Data, Sumber Data dan Narasumber......................................................... 22
a.       Data Penelitian.................................................................................     22
b.      Sumber Data...................................................................................      23
c.       Narasumber.......................................................................................    23
4.      Kehadiran Peneliti...................................................................................   23
a.      Peneliti Sebagai Siswa................................................................    24
b.      Peneliti Sebagai Instrumen.........................................................    24
5.      Teknik Pengumpulan Data....................................................................     24
a.      Observasi Partisipan...................................................................    24
b.      Wawancara Mendalam...............................................................    25
c.       Studi Dokumen.........................................................................     26
6.      Teknik Analisis Data...........................................................................     27
a.       Reduksi Data.................................................................................     28
b.      Penyajian Data...............................................................................     28
c.       Penarikan Kesimpulan...................................................................     29
7.      Jaminan Khusus Data...........................................................................     29
8.      Keabsahan Data...................................................................................     29
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................       30
LAMPIRAN-LAMPIRAN............................................................................       33




PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2103
PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 BAWU,
KEMUSU, BOYOLALI

PROPOSAL TESIS

Diajukan Kepada
Program Studi Magister Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta 
untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh 
Gelar Magister Administrasi Pendidikan



 






Oleh:
SRI WAHYUNI
Q 100 160 080

PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN 
PROGRAM PASCASARJANA 
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2016

A.    JUDUL TESIS
Pengelolaan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2103 pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali.

B.     PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang Penelitian
Dalam upaya untuk memajukan suatu kehidupan bangsa dan negara sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan maka di dalamnya terjadi proses pendidikan atau proses belajar mengajar akan memberikan pengertian pada pandangan dan penyesuaian bagi seseorang atau si terdidik ke arah kematangan dan kedewasaan.  Dengan proses ini akan membawa pengaruh terhadap perkembangan jiwa dan potensi seseorang siswa kearah yang lebih dinamis baik terhadap bakat atau pengalaman, moral, intelektual, maupun fisik.
Di dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama. Ini berarti bahwa keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Secara umum, pembelajaran merupakan suatu proses perubahan, yaitu perubahan dalam perilaku sebagai hasil interaksi antara dirinya dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya (FIP-UPI, 2007: 137). Pembelajaran menurut Permendiknas No 41 tahun 2007, adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi agar terlaksana secara efektif dan efsien.
Landasan yuridis yang mendasari pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah dasar adalah kebijakan Menteri Pendidikan Nasional yang tertuang dalam Permendiknas No 41 tahun 2007.  Metode pembelajaran digunakan oleh  guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta  didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah  ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran  disesuaikan dengan  situasi  dan  kondisi  peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada  setiap  mata  pelajaran. 
Menurut  Harsanto  (2007:  150),  pembelajaran  tematik  akan  dapat mengutuhkan  konsep  dan  Informasi  yang  dipelajari  siswa. Proses pembelajaran tematik  juga dapat menghindari bahan ajar yang  saling  tumpang  tindih  sehingga tidak membosankan  siswa. Materi  pembelajaran  yang  dibahas  tidak  hanya  dari bidang  studi  IPS,  tetapi  juga  dibahas  dan  bidang  studi  PPKN  dan  sebagainya. Dalam  menyusun  pembelajaran  tematik,  antarguru  bidang  studi  dapat  bekerja sama untuk membagi tugas dan perannya. Bagi guru Sekolah Dasar yang menjadi guru  kelas,  pembelajaran  tematik  akan  lebih  mengefisienkan  waktu  dan  bahan karena  ia  tidak harus mengulang dua kali bahan pembelajaran yang sama dalam bidang studi yang berbeda.
Pembelajaran  tematik, menjadi wacana  baru,  yang  dianggap  baik  untuk diterapkan  di  SD,  tentu  mempunyai  beberapa  alasan,  antara  lain:  pola  pikiran anak yang masih holistik artinya usia siswa sekitar 4-10 tahun pola pemikirannya masih  satu  kesatuan.  Berikutnya,  usia  siswa  SD  masih  bersifat  operasional kongkrit  (Karli,  2011:  2).  Menurut  Suliharti  (2007:  2)  kondisi  perkembangan psikologis  siswa  ini  terkait  erat  dengan  psikologi  belajar.  Psikologi perkembangan  diperlukan  terutama  dalam  menentukan  isi/materi  pembelajaran yang  diberikan  kepada  siswa  agar  tingkat  keluasan  dan  kedalamannya  sesuai dengan  tahap perkembangannya. Psikologi belajar memberikan kontribusi dalam hal cara pencapaian tujuan pembelajaran dan kegiatan yang harus ditempuh siswa dalam mempelajarinya.
Hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh Salimudin (2011: 34) pada Semester  genap  tahun  pelajaran  2009/2010  terhadap  guru  kelas  rendah  di  12 sekolah binaan di gugus Cut Nya Dien, UPTD Pendidikan Kecamatan Wanasari, Kabupaten  Brebes,  belum  optimal.  Dari  36  guru  di  kelas  rendah  yang menerapkan  pembelajaran  tematik  40%,  selebihnya melaksanakan  pembelajaran dengan  pendekatan  mata  pelajaran.  Hal  ini,  menunjukkan  bahwa  kemampuan guru  kelas  rendah  dalam  mengimplementasikan  pembelajaran  tematik  masih terasa  kurang.  Padahal  guru  yang  baik  adalah  guru  yang melaksanakan  proses pembelajaran  sesuai  dengan  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP),  bukan hanya sebatas melaksanakan kewajiban menyampaikan materi ajar kepada peserta didik. 
Hendrawati (2010: 108-109) menyatakan bahwa dalam pelaksanaannya, pembelajaran terpadu atau tematik  ini masih mengalami masalah  dan  hambatan.  Pelaksanaan  pembelajaran  tematik  di kelas  I-III  tidak  berjalan  sesuai  dengan  ketentuan Standar  Isi,  karena  guru-guru mengalami kesulitan dalam menyusun silabus sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar  (KD) yang ditetapkan dalam Standar  Isi. Selain  itu guru-guru  mengalami  kesulitan  dalam  mengalokasikan  waktu  yang  harus dipergunakan  dalam  seminggu,  karena  tidak  ada  ketentuan  alokasi waktu  untuk setiap  tema  yang  ditetapkan.  Hal  ini  disebabkan  guru-guru belum  memahami esensi  dan  praktek  pembelajaran  tematik.  Mereka  umumnya  belum  mendapat pelatihan  yang  cukup  memadai  dalam  pelaksanaan  pembelajaran  tematik.  Keberhasilan  pembelajaran  tematik  ditentukan  pula  oleh  kemampuan  dan  pemahaman  guru mengenai  pembelajaran  tematik,  disamping  latar  belakang  pendidikan  guru  juga memberikan  pengaruh  yang  cukup  berarti. Hal  ini menyebabkan pelaksanaan pembelajaran tematik belum bisa dilaksanakan secara utuh.
Beberapa  permasalahan  lain  dalam  implementasi  pembelajaran  tematik misalnya,  guru mengalami  kesulitan mengintegrasikan  beberapa  pelajaran,  guru masih memisahkan mata pelajaran dengan alokasi  jam pelajaran yang  jelas, serta dalam  hal  pelaksanaan  tesnya  dilakukan  secara  terpisah  berdasarkan  tes terstandar.  Tantangan  yang  lain  adalah  bahwa  pembelajaran  tematik membutuhkan  lebih dari satu buku teks, dan guru masih menggunakan buku teks yang  terpisah.  Guru-guru  sebaiknya menambah materi  tentang  kurikulum  yang mendukung pembelajaran tematik.
Berangkat  dari  latar  belakang  penelitian  tersebut  di  atas, menjadi  suatu hal  yang menarik  untuk mengkaji  tentang  pengelolaan  pembelajaran  tematik  di sekolah ini. Sehingga hasil yang diperoleh nantinya dapat dijadikan sebagai suatu model  percontohan  bagi  sekolah-sekolah  lain.  Berdasarkan  latar  belakang permasalahan  di  atas  peneliti  mengangkat  judul “Pengelolaan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2103 Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali”.
2.      Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka fokus penelitian ini adalah: Bagaimana karakteristik  pengelolaan  pembelajaran  tematik kurikulum 2103 pada siswa kelas IV di SD Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali?  Fokus  tersebut  selanjutnya  dijabarkan  menjadi  beberapa  sub  fokus sebagai berikut:
a.       Karakteristik pengelolaan setting tempat duduk dan media proses pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali.
b.      Karakteristik pengelolaan materi dan bahan ajar proses pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali.
c.       Karakteristik pengelolaan interaksi dan teknik evaluasi proses pembelajaran tematik kurikulum 2013 Sekolah Dasar Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali.

3.      Tujuan Penelitian
Berdasarkan fokus permasalahan di atas, tujuan  umum  penelitian  ini  adalah  untuk mendeskripsikan  karakteristik  pengelolaan  pembelajaran  tematik  kurikulum 2103 pada siswa kelas IV di  SD Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali.  Adapun  tujuan  khusus  penelitian  ini  adalah sebagai berikut:
a.       Untuk  mendeskripsikan karakteristik pengelolaan setting tempat duduk dan media proses pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali.
b.      Untuk  mendeskripsikan pengelolaan materi dan bahan ajar proses pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali.
c.       Untuk  mendeskripsikan pengelolaan interaksi dan teknik evaluasi proses pembelajaran tematik kurikulum 2013 Sekolah Dasar Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali.
4.      Manfaat Penelitian
Dari  penelitian  yang  dilaksanakan  ini  diharapkan  dapat  memberikan sumbangan  bagi  dunia  pendidikan  baik  yang  bersifat  praktis  maupun  teoritis. Adapun manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
a.      Manfaat Praktis
1)      Bagi Guru
a)      Hasil penelitian  ini  diharapkan dapat memberikan manfaat bagi  guru kelas untuk dapat dijadikan sebagai tambahan  informasi dalam pengelolaan pembelajaran tematik.
b)      Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  bermanfaat  bagi  guru  kelas di Sekolah Dasar untuk dijadikan sebagai model acuan dalam pengelolaan pembelajaran tematik.

2)      Bagi Kepala Sekolah
a)      Hasil penelitian  ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kepala  sekolah untuk  dapat  digunakan  sebagai  tambahan  informasi  mengenai pengelolaan pembelajaran tematik di sekolah.
b)      Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  digunakan  oleh  kepala  sekolah untuk  dijadikan  bahan  acuan  dalam  mengembangkan  pembelajaran tematik di sekolah masing-masing.
3)      Bagi Komite Sekolah
a)      Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberikan  manfaat  bagi Komite  Sekolah  untuk  dijadikan  sebagai  bahan  masukan  dalam pengembangan program sekolah.
b)      Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberikan  manfaat  bagi Komite  Sekolah  untuk  menambah  pengetahuan  tentang  pengelolaan pembelajaran tematik di sekolah. 
b.      Manfaat Teoritis
Memberikan  sumbangan  teori  atau  keilmuan  dalam  merencanakan, melaksanakan,  dan  evaluasi  pembelajaran,  khususnya  teori  pembelajaran tematik di SD.

C.    TINJAUAN PUSTAKA
1.      Kajian Teori
a.      Model Pembelajaran Tematik
1)      Pengertian Model Pembelajaran
Soekamto,  dkk  (Trianto,  2011:  142)  mendefinisikan  model pembelajaran  sebagai  suatu  kerangka  konseptual  yan melukiskan  tahapan yang  sistematis  dalam  mengorganisasikan  pengalaman  belajar  untuk mencapai  tujuan belajar  tertentu, dan berfungsi debagai pedoman bagi para perancang  pembelajaran  dan  para  pengajar  dalam merencanakan  aktivitas belajar mengajar. Menurut  peneliti,  model  pembelajaran  adalah  pedoman  yang digunakan  pendidik  dalam  merencanakan  kegiatan  pembelajaran.  Model pembelajaran  ini  harus  disesuaikan  dengan  lingkungan  belajar  sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
2)      Pengertian Pembelajaran Tematik
Definisi  pembelajaran tematik menurut Sukayati  (2009:  13),  merupakan  suatu  pendekatan  dalam  pembelajaran  yang  secara sengaja mengaitkan atau memadukan beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan indikator  dari  kurikulum/Standar  Isi  (SI)  dari  beberapa  mata  pelajaran menjadi satu kesatuan untuk dikemas dalam satu tema.
Berdasarkan  beberapa  pengertian  di  atas  maka  dapat  disimpulkan bahwa  pembelajaran  tematik  adalah  model  pembelajaran  terpadu  yang menggunakan  tema  untuk  mengaitkan  beberapa  mata  pelajaran  sehingga dapat  memberikan  pengalaman  bermakna  kepada  siswa.
3)      Prinsip Dasar Pembelajaran Tematik
Secara  umum  prinsip  pembelajaran  tematik  dapat  diklasifikasikan menjadi beberapa prinsip yang secara rinci akan diuraikan sebagai berikut :
a)      Prinsip pemilihan dan penggalian tema
b)      Prinsip pengelolaan pembelajaran
c)      Prinsip evaluasi
d)     Prinsip reaksi
4)      Arti Penting Pembelajaran Tematik
Menurut  Trianto  (2011: 158)  dalam  pembelajaran  tematik  ada beberapa alasan yang mendasari bahwa pembelajaran  tematik memiliki arti penting dalam kegiatan belajar mengajar, antara lain: 
a)      Dunia anak adalah dunia nyata
b)      Proses  pemahaman  anak  terhadap  suatu  konsep  dalam  suatu peristiwa/objek lebih terorganisasi
c)      Pembelajaran akan lebih bermakna
d)     Memberi peluang siswa untuk mengembangkan kemampuan diri
e)      Memperkuat kemampuan yang diperoleh
f)       Efisiensi waktu
5)      Ruang Lingkup Pembelajaran Tematik
Ruang  lingkup pengembangan pembelajaran  tematik meliputi seluruh mata  pelajaran  pada  kelas  I,  II  dan  III  sekolah  dasar,  yaitu  pada  mata pelajaran  Pendidikan  Agama,  Bahasa  Indonesia,  Matematika,  Ilmu Pengetahuan  Alam,  Pendidikan  Kewarganegaraan,  Ilmu  Pengetahuan Sosial, Seni Budaya dan Keterampilan, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Kunandar, 2011: 340).
6)      Karakteristik Pembelajaran Tematik
Sebagai  suatu  model  pembelajaran  di  sekolah  dasar,  menurut Kunandar  (2011:  341-342)  pembelajaran  tematik  memiliki  karakteristik-karakteristik sebagai berikut: 
a)      Berpusat pada siswa
b)      Memberikan pengalaman langsung
c)      Pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas
d)     Menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran 
e)      Bersifat fleksibel
f)       Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa
g)      Menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan
7)      Langkah-langkah Pembelajaran Tematik
Langkah-langkah  pembelajaran  tematik  pada  dasarnya  mengikuti langkah-langkah  pembelajaran  terpadu.  Secara  umum  langkah-langkah tersebut  mengikuti  tahap-tahap  yang  dilalui  dalam  setiap  model pembelajaran  yang  meliputi  tiga  tahap,  yaitu:  tahap  perencanaan,  tahap pelaksanaan,  dan  tahap  evaluasi  (Prabowo,  2000:  6  dalam  Trianto,  2011: 168).
a)      Perencanaan Pembelajaran Tematik
Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang pengembangannya dimulai dengan menentukan topik tertentu sebagai tema atau topik sentral, setelah tema ditetapkan maka selanjutnya tema itu dijadikan dasar untuk menentukan dasar sub-sub tema dari bidang studi lain yang terkait (Fogarty,1991 : 54).
b)     Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan Tematik
Dengan mengadaptasi pendapat Gillians Collins & Hazel Dixon (2001), prosedur pembelajaran tematik berindikator SPICES dalam rangka implementasi kurikulum 2013 memiliki tiga tahap, yaitu:
1.      Tahap Pendahuluan, meliputi :
a.       Penetapan tema dan pengembangan sub tema
b.      Penyampaian tujuan pembelajaran, indikator kompetensi, dan karakter yang akan dicapai
c.       Appersepsi
2.      Tahap Inti, mencakup :
                                                                           a.       Pengumpulan informasi
                                                                           b.       Pengolahan informasi
                                                                           c.       Penyusunan laporan
3.      Tahap Penutup, mencakup :
                                                                           a.       Penyajian informasi
                                                                           b.       Evaluasi

c)      Mengevaluasi Pembelajaran Tematik
Dalam evaluasi pembelajaran tematik lebih menekankan pada aspek proses dan usaha pembentukan efek iringan atau karakter seperti kemampuan bekerja sama, tenggang rasa dan sebagainya. Evaluasi menekankan evaluasi prosesdan evaluasi hasil. Teknik evaluasi yang digunakan dalam kurikulum 2013 adalahauthentic assesment. Salah satu teknik penilaian yang dapat digunakan adalah penilaian berbasis kelas.
b.      Karakteristik Siswa SD Kelas Rendah
Perkembangan merupakan hal yang berkesinambungan dalam  fase-fase atau periode  tertentu. Bagi  Indonesia,  kriteria  umur  yang  ditetapkan  adalah  ±  7  tahun  untuk dapat  masuk  Sekolah  Dasar.
Menurut Piaget tahap perkembangan kognitif siswa Sekolah Dasar dapat dilihat pada tabel di bawah ini:
Tabel 1. Tahap perkembangan kognitif Piaget
2.      Penelitian Terdahulu
Ada beberapa penelitian yang relevan dengan penelitian ini, antara  lain penelitian:
a.       Research from Leonard Mwalimu Nkosana (2013) by title “Theoretical Insights into Curriculum Reform in Botswana”. This paper examines  the  technicist approach  to curriculum  innovation and argues  that  the approach  is wanting  in  that  it  ignores a number of  important  factors. These  factors which determine  whether  an  innovation  will  succeed  or  fail  include:  the  characteristics  of  the innovation,  local  factors,  external  factors,  and  the  importance  of  the  context  and  culture. These  are  exemplified  by  what  has  happened  to  the  Botswana  General  Certificate  of Secondary  Education  given  recent  curriculum  and  assessment  innovation.  The  results  of this study clearly demonstrate  that  the above  factors are crucial  if curriculum  reform  is  to achieve  its desired objectives. This study concludes  that because local context and culture, such as  teacher-dominated classroom cultures and  the availability of material  resources  in schools, are usually not taken into consideration, curriculum reform often fails.
Penelitian ini membahas pendekatan teknis inovasi kurikulum dan pendekatan ini ingin mengabaikan sejumlah faktor penting. Faktor-faktor yang menentukan apakah suatu inovasi akan berhasil atau gagal meliputi: karakteristik inovasi, faktor-faktor lokal, faktor eksternal, dan pentingnya konteks dan budaya. Ini dicontohkan oleh apa yang telah terjadi pada Pendidikan Menengah Sertifikat Jenderal Botswana yang diberikan kurikulum baru dan inovasi penilaian. Hasil dari penelitian ini jelas menunjukkan bahwa faktor-faktor di atas penting jika reformasi kurikulum untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konteks dan budaya lokal, seperti budaya kelas guru yang didominasi dan ketersediaan sumber daya material di sekolah, biasanya tidak dipertimbangkan, reformasi kurikulum sering gagal.
b.      Research from Djuwairiah Ahmad (2014) by title “Understanding the 2013 Curriculum of English Teaching through the Teachers‟ and Policymakers‟ Perspectives”. This  study  focused  on  the  2013  Curriculum  (K-13)  implementation  at  the  four  targeted  senior secondary  schools  of  K-13  implementation  in  Makassar,  South  Sulawesi,  Indonesia.  It  involved  three policymakers and 11 English teachers using explanatory model of mixed-method design (quan-QUAL). The data were  collected  in 19 months  from 2012  to 2014 and analyzed  in multi-stages. The  study  found and concluded that the issues underlying the change from the School-Based Curriculum (SBC) to K-13 were the failure of the former  curricula,  the  anticipation  demographic  and  economic  circumstances  in  the  future,  and  the  benefits offered within  the  change.  In  line with  the  teachers’  knowledge  and  belief  system  towards  the  change,  their perception  on  the  K-13  led  to  two  main  trends:  (1)  positive,  innovative,  creative  and  give  impact  to  the transformation  from  traditional  view  of  learning  to  a  modern  pedagogic  dimension;  and  (2)  negative  and superficial  that  only  change  in  conceptual  level  and would  likely  to  have  the  same  effects with  the  previous changes.  The  teachers’  interpretation  on  the  K-13  also  led  to  two  main  trends:  (1)  the  correct  and comprehensive  interpretation when  dealing with  the  general  concepts  in K-13  in ELT  practices;  and,  (2)  the partial interpretation towards the applicative concepts according to their understanding, procedural knowledge and  the convenience of  the application offered by  the changing elements. The  implementation of K-13  in ELT practices was found to be partial, biased and tended to be traditional from the planning to the assessing process. The  constraints  to  successful  implementation  of K-13 were  found  to  root  in  the  teachers’  fixed mindset  and within the implementation.
Penelitian ini difokuskan pada Kurikulum 2013 (K-13) pelaksanaan di empat sasaran senior yaitu sekolah menengah yang menerapkan pelaksanaan (K-13) di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Penelitian ini melibatkan tiga pembuat kebijakan dan 11 guru bahasa Inggris dengan menggunakan model desain metode campuran (quan-QUAL). Data dikumpulkan dalam 19 bulan yaitu pada 2012 - 2014 dan dianalisis dalam tahap yang beragam. Studi ini menemukan dan menyimpulkan bahwa masalah yang mendasari perubahan dari Sekolah Berbasis Pendidikan (KTSP) ke K-13 adalah kegagalan kurikulum lama, antisipasi keadaan demografi dan ekonomi di masa depan, dan manfaat ditawarkan dalam perubahan. Sejalan dengan sistem pengetahuan dan keyakinan guru terhadap perubahan, pendapat mereka tentang K-13 menyebabkan dua kecenderungan utama: (1) positif, inovatif, kreatif dan memberikan dampak terhadap transformasi dari pandangan belajar tradisional dimensi pedagogik modern; dan (2) negatif dan dangkal yang hanya berubah dalam tingkat konseptual dan akan cenderung memiliki efek yang sama dengan perubahan sebelumnya. Interpretasi guru pada K-13 juga menyebabkan dua kecenderungan utama: (1) kecocokan dan interpretasi yang luas ketika berhadapan dengan konsep-konsep umum dalam K-13 dalam praktik ELT; dan, (2) interpretasi parsial terhadap konsep aplikatif sesuai dengan pemahaman mereka, pengetahuan prosedural dan kenyamanan aplikasi yang ditawarkan oleh unsur-unsur yang berubah. Pelaksanaan K-13 di ELT praktek ditemukan menjadi parsial, bias dan cenderung tradisional dari perencanaan proses menilai. Kendala untuk keberhasilan pelaksanaan K-13 ditemukan akar dalam mindset tetap guru dan dalam pelaksanaannya.
c.       Research from Ibrahim and Cut Morina Zubainur (2015) by tittle “Integrative Curriculum in Teaching   Science in The Elementary School”. This study aimed  to develop a curriculum for  teaching science  in  the  Integrative Science in elementary school, as well as foster an attitude wise on students  to  the cultural values that  are  integrated.  Implementation  of  integrative  curriculum  is  expected  to  drive  the implementation of the curriculum of characters that are beneficial to the students, such as: understanding  and  mastery  of  teaching  materials,  the  growth  of  the  student's  personal attitude  toward wise  on  religious  values  and  culture  of Aceh  are  integrated.  The main objective    While  the  schools  prepare  learning  device  or  media  integrative  learning curriculum  for  elementary  schools  as  a  guideline  for  teachers. Curriculum  development method consists of three phases: (1) the initial assessment phase, (2) design phase, (3) the implementation  phase.  As  for  assessing  the  quality  of  the  curriculum  is  an  integrative manner stare validity, practical, and effective  in  implementation  in  the  thematic  learning in  primary  school. The  results  are  found  to  exist  Integrative Curriculum  device  and  its components  are  valid  for  use  by  teachers  in  the  learning  process  of  primary  school students.is  to  implement  integrative  values  of  Islamic  Shari'a  in  thematic  learning  in elementary school as expected by parents guardians and community. The teacher's role in implementing character education, which provides guidance and examples in the learning process so that there is a change in attitude to the students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum untuk ilmu pengetahuan mengajar Ilmu Integrasi di sekolah dasar, serta menumbuhkan sikap bijaksana pada siswa dengan nilai-nilai budaya yang terintegrasi. Implementasi Kurikulum integrasi diharapkan untuk mendorong pelaksanaan kurikulum karakter yang bermanfaat bagi para siswa, seperti: pemahaman dan penguasaan bahan ajar, pertumbuhan siswa pribadi sikap terhadap bijaksana pada nilai-nilai dan budaya Aceh agama yang terintegrasi. Tujuan utama sekolah sementara adalah  mempersiapkan pembelajaran perangkat atau media pembelajaran integrasi kurikulum untuk sekolah dasar sebagai pedoman bagi guru. Pengembangan kurikulum Metode ini terdiri dari tiga tahap: (1) tahap penilaian awal, (2) tahap desain, (3) tahap implementasi. Seperti untuk menilai kualitas kurikulum adalah integrasi cara tatapan validitas, praktis, dan efektif dalam pelaksanaannya dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Hasilnya ditemukan ada perangkat Kurikulum Integrasi dan yang komponen yang valid untuk digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sekolah dasar students.is untuk menerapkan nilai-nilai integrasi dari syariat Islam dalam pembelajaran tematik di SD seperti yang diharapkan oleh orang tua wali dan masyarakat. Peran guru dalam melaksanakan pendidikan karakter, yang memberikan panduan dan contoh dalam pembelajaran proses sehingga ada perubahan sikap terhadap siswa.
d.      Research from Sugiman and Hardi Suyitno (2016) by title “Readiness Of Teachers Of Extraordinary School In Central Java In Mastering Of The Teaching Materials And Implementing Of Curriculum Of 2013 (A case in mathematics teaching  at Extraordinary School). Extraordinary School (ES) is a school that educates for students with disabilities. The purpose of this research: Describing the readiness of teachers of extraordinary schools in Central Java – Indonesia in implementing of Curriculum of 2013, especially in: (a) changes in mindset of teachers  related  to  the  implementation of Curriculum of 2013,  (b) mastering of  the  teaching materials,  (c)  implementing  of  Curriculum  of  2013  in  extraordinary  schools  through  a scientific approach and  integrated  thematic,  (d)    the  skills of ES  teachers at Central  Java  in making lesson plan, and (e) change the raw scores into Report Value. This article based on a qualitative  research,  so  that  the data collection was done  through questionnaire, observation and open interviews intensively, which was forwarded by triangulation. The research methods include:  (1)  data  reduction,  (2)  data  display,  (3)  data  interpretation,  and  (4) conclusion/verification. The results of this research: in principle the ES teachers were ready to implement  the curriculum  in 2013: (1)  there was a positive change  in mindset of  teachers of extraordinary  schools  in Central  Java associated with  the  implementation of   Curriculum  of 2013,  (2)  the  majority  of  teachers  already  mastered  the  material,  (3)  teachers  were encountered many difficulties in implementing/teaching the materials of extraordinary schools through  a  scientific  approach  and  integrated  thematic,  (4)  the  teachers  were  confused  in making a lesson plan that includes scientific approach, (5) In the process of implementing the curriculum of 2013, the teachers feel less skilled in converting raw scores into Report Value. As  an  additional  result,  there  were  many  teachers  of  extraordinary  schools  who  want  a training,  workshops,  practices,  and  assistance  in  classes  on  how  to  teach  the  material  to students of extraordinary schools, which was  implemented through a scientific approach and  integrated thematic, and then forwarded to the assistance specifically related to how to change the raw value into Report Value.
Penelitian di atas berfokus pada Sekolah Luar Biasa (ES) adalah sekolah yang mendidik bagi siswa penyandang cacat. Tujuan Penelitian ini: Menggambarkan kesiapan guru sekolah luar biasa di Jawa Tengah Indonesia dalam melaksanakan Kurikulum 2013, khususnya pada: (a) perubahan pola pikir guru yang terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013, (b) penguasaan bahan ajar, (c) penerapan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah luar biasa melalui pendekatan ilmiah dan tematik terpadu, (d) keterampilan guru ES di Jawa Tengah dalam membuat rencana pembelajaran, dan (e) mengubah skor mentah menjadi laporan nilai. Artikel ini berdasarkan pada penelitian kualitatif, sehingga pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi dan wawancara terbuka secara intensif, yang diteruskan oleh triangulasi. Metode penelitian meliputi: (1) reduksi data, (2) display data, (3) interpretasi data, dan (4) kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini: pada prinsipnya guru ES siap untuk menerapkan kurikulum tahun 2013 yaitu: (1) ada perubahan positif dalam pola pikir guru sekolah luar biasa di Jawa Tengah terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013, (2) sebagian besar guru sudah menguasai materi, (3) guru mengalami banyak kesulitan dalam melaksanakan/mengajar materi sekolah luar biasa melalui pendekatan ilmiah dan tematik terpadu, (4) guru merasa bingung dalam membuat rencana pelajaran yang mencakup pendekatan ilmiah, (5) Dalam proses penerapan Kurikulum 2013, para guru merasa kurang terampil dalam mengkonversi skor mentah menjadi laporan nilai. Sebagai hasil tambahan, ada banyak guru sekolah luar biasa yang menginginkan pelatihan, workshop, praktek, dan bantuan di kelas tentang cara mengajar materi untuk siswa dari sekolah luar biasa, yang dilaksanakan melalui pendekatan ilmiah dan tematik terpadu, dan kemudian diteruskan ke bantuan khusus yang berkaitan dengan cara mengubah nilai mentah menjadi laporan nilai.
e.       Research from Heri Retnawati, Samsul Hadi and Ariadie Chandra Nugraha (2016) by title “Vocational  High  School  Teachers’  Difficulties  in  Implementing  the Assessment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia”. The  study  aims  to  describe  vocational  high  school  teachers’  difficulties  in implementing  the  assessment  within  Curriculum  2013,  which  has  been implemented since July 2013 in several Indonesian schools and which might have been  in  effect  in  all  schools  around 2014. The  study was descriptive  explorative research by means of qualitative data gathering. The data of vocational high school teachers’ difficulties  in  implementing  the  assessment within  the Curriculum 2013 were  gathered  by  means  of  interviews  and  focus  group  discussions.  The  data source  was  22  vocational  high  school  teachers  and  the  vice  principals  of curriculum  in  the Province of Yogyakarta Special Region of  Indonesia. The data analysis  was  conducted  by  looking  for  the  specific  theme;  then,  the  researcher found the inter-theme relationship in order to attain the proper understanding. The results of  the  study  showed  that  in  the  assessment  implementation  of Curriculum 2013  the  teachers had not  fully  understand  the  assessment  system. The  teachers’ difficulties were also found in: developing the instrument of attitude, implementing the  authentic  assessment,  formulating  the  indicators,  designing  the  assessment rubric  for  the  skills,  and  gathering  the  scores  from  multiple  measurement techniques.  In  addition,  the  teachers  could  not  find  feasible  application  for describing the students’ learning achievements.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesulitan guru SMK dalam melaksanakan penilaian dalam Kurikulum 2013, yang telah dilaksanakan sejak Juli 2013 beberapa sekolah di Indonesia yang mungkin diberlakukan di semua sekolah sekitar tahun 2014. Penelitian ini adalah deskriptif eksploratif penelitian dengan cara mengumpulkan data kualitatif. Data sekolah menengah kejuruan tentang kesulitan guru dalam melaksanakan penilaian dalam Kurikulum 2013 dikumpulkan dengan cara wawancara dan diskusi kelompok terarah. Data Sumber itu 22 guru SMK dan wakil kepala sekolah dari Kurikulum di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dari Indonesia. Data Analisis dilakukan dengan mencari tema tertentu; kemudian, peneliti menemukan hubungan antar-tema dalam rangka untuk mencapai pemahaman yang tepat. Itu Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan penilaian Kurikulum 2013 guru belum sepenuhnya memahami sistem penilaian. Kesulitan guru juga ditemukan dalam: mengembangkan instrumen sikap, menerapkan penilaian otentik, merumuskan indikator, merancang rubric penilaian untuk keterampilan, dan mengumpulkan skor dari beberapateknik pengukuran. Selain itu, guru tidak bisa menemukan aplikasi yang layak untuk menggambarkan prestasi belajar siswa.

D.    METODE PENELITIAN
1.      Jenis dan Desain Penelitian
a.      Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif, menurut John W Creswell (2010: 18), adalah pendekatan untuk membangun pernyataan pengetahuan berdasrakan perspektif-konstruktif (misalnya, makna-makna yang bersumber dari pengalaman individu, nilai-nilai sosial dan sejarah, dengan tujuan untuk membangun teori atau pola pengetahuan tertentu), atau berdasarkan perspektif partisipatori (misalnya: orientasi terhadap politik, isu, kolaborasi, atau perubahan), atau keduanya. Lebih jelasnya, pengertian tersebut adalah sebagai berikut:
A quality approach is one in which the inquirer often makes knowledge claims based primarily on constructivist perspective (i. e. the multiple meanings of individual experiences, meaning socially and historically constructed, with an intent of developing a theory or pattern) or advocacy/ participatory perspective (I. e. political, issue-oriented, collaborative or change oriented) or both (Creswell, 2010, hal. 18).
Bogdan dan Taylor (dalam Moleong 2004 4) mendefinisikan metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dan orang-orang (subyek) itu sendiri. Data tersebut berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
b.      Desain Penelitian
Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan objek penelitian berupa pengelolaan pembelajaran tematik di SD negeri 3 Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. Studi kasus bertujuan mengkaji kondisi, kegiatan, perkembangan, factor-faktor yang penting yang menunjang kondisi yang diteliti (Rubiyanto, 2011: 44). Kajian kasus dalam penelitian ini berupa penelitian tentang tindakan guru dalam pengelolaan pembelajaran tematik.
2.      Tempat dan Waktu Penelitian
a.      Tempat Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali Tahun 2017/2018. Lokasi penelitian ini terletak di Desa Bawu, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali. Berada di tengah-tengah pusat desa Bawu, dan letaknya yang strategis di pinggir jalan, sehingga memudahkan jangkauan masyarakat sekitar yang berada di sekitar SD Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali. Penelitian dilaksanakan di tempat tersebut dengan pertimbangan bahwa di SD Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali sudah menerapkan pembelajaran tematik kurikulum 2013, lokasi mudah dijangkau, guru sudah mengikuti diklat dan pelatihan pengelolaan pembelajaran tematik kurikulum 2013. Kelas yang digunakan sebagai penelitian ini adalah Siswa kelas IV SD Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali.


b.      Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan selama delapan bulan mulai dari penyusunan proposal, perbaikan proposal, menyusun instrumen, perijinan penelitian, pelaksanaan tindakan, analisis data, penyusunan laporan dan pengajuan laporan diawali pada bulan Januari 2017 sampai dengan bulan Agustus 2017. Adapun rincian waktu penelitian terdapat pada tabel sebagai berikut:
Tabel 3.1. Waktu dan Jenis Kegiatan Penelitian

No
Kegiatan Penelitian
Bulan Pelaksanaan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
Agustus
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Penyusunan Proposal
































2
Perbaikan Proposal
































3
Menyusun Instrumen
































4
Perijinan Penelitian
































5
Pelaksanaan Tindakan
































6
Analisis Data
































7
Penyusunan Laporan
































8
Pengajuan Laporan
































3.      Data, Sumber Data, dan Narasumber
a.      Data Penelitian
Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif hasil wawancara dengan informan, pengamatan lapangan maupun studi dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer, yaitu  sumber data yang diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan informan serta pengamatan lapangan dan sumber data sekunder, yaitu sumber data yang diperoleh secara tidak langsung melalui studi dokumentasi.
b.      Sumber Data
Sumber data utama dalamn penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnyan adalah data tambahan seperti dokumen atau bahkan lain (Moleong 2006; 112). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: a) dokumen sekolah, b) catatan lapangan, c) perilaku dan tindakan pelaku, d) ucapan dan kata-kata, serta dokumen sekolah.
c.       Narasumber
Narasumber dalam penelitian ini adalah seluruh komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan sekolah yang meliputi: kepala sekolah, guru di kelas IV yang terdiri dari seorang guru kelas, dan Pengawas Sekolah. Secara garis besar sumber data yang diambil dalam penelitian ini meliputi manusia sumber yaitu kepala sekolah, guru, Pengawas Sekolah dan Komite Sekolah. Data pendukung lain adalah data statistik, laporan, dokumentasi, dan kepustakaan. Sasaran yang dijadikan informan atau sumber data dipertimbangkan menurut  rancangan purpose sampling. Disamping itu digunakan pula pendekatan snow ball sampling yaitu informan diminta untuk menunjuk informan lain yang dianggap dapat memberikan informasi tentang fokus penelitian. Informan termasuk sumber data berupa orang.
4.      Kehadiran Peneliti
Penelitian kualitatif mryakini bahwa hanya manusia yang mampu menanggapi dan menilai makna dari berbagai interaksi (Lincoln dan Guba dalam Sutopo, 2006: 44). Berdasarkan hal tersebut, kehadiran peneliti dalam penelitian ini adalah sebagai sisea dan sekaligus sebagai inetrumen penelitian.

a.      Peneliti sebagai Siswa
Kehadiran peneliti sebagai siswa dikatakan oleh Sutopo sebagai “sudah menunjukkan adanya peranan yang paling pasif dalam pengamatan’ (Sutopo, 2006: 76). Kehadiran peneliti sebagai orang asing dalam konteks setting penelitian diketahui oleh pribadi yang diamati sehingga akan membawa pengaruh pada pribadi yang diamati.Sebagai siswa, peneliti terjun ke lapan gan terutama untuk memperoleh data mengenai pengelolaan pembelajaran tematik di SD negeri 3 Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali yang terfokus pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pen gendalian pembelajaran tematik.
b.      Peneliti sebagai Istrumen
Kedudukan peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian menjadi sangat kuat. Hal ini dikarekanan bahwa dalam penelitian kualitatif, bentuk semua teknik pengumpulan data dan kualitas pelaksanaan serta hasilnya sangat tergantyng pada penelitinya sebagai alat pengumpulan data utama (Sutopo,  2006: 76). Posisi peneliti sebagai alat utama pengumpuklan data menuntut kualitas peneliti yang benar-benar memahami metodologi penelitian yang digunakan.
5.      Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Penjelasan ketiga teknik pengumpulan data tersebut adalah:
a.      Observasi Partisipan
Teknik observasi ini menggunakan pengamatan atau penginderaan langsung terhadap, suatu benda, kondisi, situasi atau perilaku. Data observasi berupa deskripsi yang factual. Cermat dan terinci mengenai keadaan langsung, kegiatan manusia, dan situasi sosial, serta konteks tempat kegiatan-kegiatan itu terjadi (Nasution, 2004: 59). Data yang diperoleh adalah hasil pengamatan langsung di lapangan.
Peneliti melakukan observasi berperan dengan maksud untuk memperoleh data yang lengkap dan rinci melalui pengamatan yang seksama dengan melibatkan diri dalam kegiatan subyek yang sedang diteliti. Menurut Guba (Muhadjir, 2004: 115), observasi itu interaktif, anatra peneliti dengan yang diteliti, ada pengaruh dan hambatan timbal balik. Observasi berperan dilakukan dengan cara melakukan pengamatan langsung di lapangan terkait dengan pengelolaan pembelejaran tematik di sekolah tersebut.
Observation Guide  yang digunakan adalah pengamatan terhadap lokasi yang diteliti, dan pengatan sarana prasarana belajar. Data lain yang diperlukan adalah pengelolaan pembelajaran tematik, maka observation Guide meliputi pengamatan Guru dalam mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan evaluasi pembelajaran.
b.      Wawancara Mendalam
Wawancara adalah percakapan dengan maksud tertentu (Moleong, 2004: 135). Wawancaraa adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara Tanya jawab, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan sumber data. Agar wawancara dapat dilakukan dengan baik, maka hubungan antara peneliti dengan subyek merupakan suatu partnership. Kemudian data hasil wawanacraa di deskripsikan dan ditafsirkan sesuai dengan latar secara utuh wawancara digunakan untuk mengumpulkan data deskriptif dalam kata-kata tuturan subyek sendiri sehingga peneliti memperoleh pengertian mengenai bagaimana subyek menafsirkan sebagian dari dunia (Bogdan dan Biklen, 2004: 178). Agar data yang diperoleh sejalan dengan arah penelitian, peneliti menggunakan pedoman umum wawancara sebagai kerangka konseptual untuk mengangkat permasalahan penelitian.
Wawancara mendalam dilakukan dengan para responden penelitian yang dilakukan secara bertatap muka. Fokus wawancara diarahkan pada peranan pihak-pihak yang diwawancarai dengan proses pembelajaran tematik di sekolah tersebut.
Dipilih metode wawancara mendalam karena melalui kegiatan wawancara tersebut maka penulis dapat memperoleh informasi yang detail dan terperinci mengenai bentuk kerjasama tersebut. Selain itu, dengan wawancara mendalam memungkinkan tercipta hubungan harmonis antara penulis dengan responden sehingga responden dapat diajak wawanacara dengan nyaman sekaligus dapat memberikan data sebanyak mungkin.
Interview Guide yang digunakan meliputi pertanyaan tentang perencanaan guru dalam pembelajaran tematik, pengorganisasian pembelajaran tematik yang dilakukan guru, pelaksanaan pembelajaran tematiuk yang dilakukan guru, dan pengawasan pembelajaran tematik yang dilakukan guru.
c.       Studi Dokumen
Studi dokumentasi ini sebagai pelengkap data, dan dokumen-dokumen tersebut diharapkan dapat menjadi narasumber yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak dimungkinkan ditanyakan melalui wawancara atau observasi. Di dalam melakukan metode dokumentasi, peneliti menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku, majalah, dokumen, peraturan-peraturan, notulen rapat, catatan harian dan sebagainya. Dalam pengertian yang lebih luas, dokumen bukan hanya berwujud tulisan saja tetapi dapat berupa benda-benda peninggalan seperti prasasti dan simbol-simbol (Sutopo, 2004: 149-150).
Studi dokumentasi dilaksanakan dengan cara mengumpulkan data sekunder, baik yang diperoleh dari perpustakaan maupun warung internet. Dokumen dalam bentuk data sekunder yang diperlukan dalam penelitian ini anatra lain tentang gambaran umum Sekolah Dasar Negeri 3 Bawu Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali.
Hasil studi dokumentasi dapat dipergunakan sebagai pendukung datan penelitian yang diperoleh melalui obervasi maupun wawancara. Sinkronisasi data dari ketiga metode ilmiah yang pada akhirnya dapat memberikan jawaban akhir dari permasalahan yang dikaji secara akurat, factual dan rasional. Adakalanya studi dokumentasi dari buku-buku pustaka dapat dipergunakaan sebagai landasan teoritis untuk menjawab permasalahan.
6.       Teknik Analisis Data
Nasution dalam Sugiyono (2005: 89) menyatakan bahwa “Analisis berlangsung mulai sejak dirumuskan dan menjelaskan masalah, sebelum terjun ke lapangann, dan berlangsung terus sampai penulisan hasil penelitian”. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil observasi, tes, hasil wawancara dan dokumentasi dianalisis untuk mengetahui pelaksanaan dan hambatan-hambatan yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media pembelajaran gambar seri dan papan cerita. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan model alur yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif. Model analisis interaktif mempunyai tiga buah komponen yaitu: sajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu proses siklus.
Teknik analisis data  yang digunakan dalam penelitian kualitatif mencakup deskripsi  hasil  wawancara,  reduksi  data,  analisis,  interpretasi  data  dan triangulasi.  Dari  hasil  analisis  data  yang  kemudian  dapat  ditarik  kesimpulan. Berikut ini adalah teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti:
Gambar 3.1. Model analisis interaktif (Interactive Model of Analysis)
Sumber : (Miles dan Huberman, 2002: 20)
Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut tentang ketiga komponen tersebut:
a.      Reduksi Data
Reduksi data adalah proses pemilihan, pemusatan perhatian, pada penyederhanaan dan transformasi data kasar yang muncul dari catatan lapangann yang didapat peneliti pada tiap siklus penelitian yang dilakukan. Kegiatan ini mulai dilakukan dalam setiap pasca tindakan dilakukan. Hasil dari reduksi data berupa uraian singkat yang telah digolongkan dalam suatu kegiatan tertentu. Reduksi data merupakan suatu bentuk analisis yang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, membuang tindakan yang tidak perlu, dan mengorganisasikan data sehingga pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan.
b.      Penyajian Data
Setelah data yang didapatkan dari lapangann dipilah-pilah ke bagian yang penting, dipisahkan sesuai kategori (antara huruf besar, huruf kecil, angka) dan membunag data-data yang tidak dipakai. Kemudian data ini bisa disajikan dalam bentuk tabel, grafik, maupun diagram. Sehingga melalui penyajian data tersebut, data bisa terorganisasi, tersusun dalam pola hubungan, sehingga semakin mudah dipahami.
c.       Penarikan Kesimpulan
Penarikkan kesimpulan ini dilakukan secara bertahap. Kesimpulan awal yang dikemukakan masih bersifat sementara. Melalui analisis yang dilakukan peneliti dari berbagai data yang diperoleh maka bisa ditarik kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah. Hasil penarikan kesimpulan ini akan dijadikan sebagai hasil laporan dari pelaksanaan penelitian.
7.      Jaminan Khusus Data
Penulisan tesis ini merupakan syarat yang harus dipehuni untuk memperoleh gelar kesarjanaan pada program Pacasarjana UMS. Tesis ini berjudul “Pengelolaan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2103 Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Bawu, Kemusu, Boyolali” belum pernah dibahas oleh mahasiswa lain pada program Pascasarjana UMS dan tesis ini asli serta bukan plagiat ataupun diambil dari tesis orang lain . semua informasi dan data yang disampaikan adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan keasliannya serta tidak memiliki indikasi kesamaan dengan data dari mahasiswa lain.
8.      Keabsahan Data
Dalam menguji keabsahan suatu data atau memeriksa data digunakan cara memperpanjang masa penelitian, pengamatan yang terus-menerus, triangulasi, baik triangulasi sumber data maupun triangulasi teknik pengumpulan data, menganalisis kasus negative, mengadakan member check, serta membicarakan dengan orang lain atau rekan sejawat.
Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunkan triangulasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data yang diperoleh melalui wawancara, untuk mencari atau memperoleh standar kepercayaan data yang diperoleh dengan jalan melakukan pengecekan data, cek ulang, dan cek silang pada dua atau lebih informasi. Setelah mengadakan wawancara dan observasi, peneliti mengadakan penelitian kembali, mencocokan data yang diberikan oleh informan satu dengan informan lainnya. Peneliti meminta kembali penjelasan, atau informasi baru dari informan yang sama dan pertanyaan yang sama tetapi dengan waktu dan situasi yang berbeda.

E.     DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, Djuwariyah, (2014). “Understanding the 2013 Curriculum of English Teaching through the Teachers‟ and Policymakers‟ Perspectives”. International Journal of Enhanced Research in Educational Development (IJERED), ISSN: 2320-8708 Vol. 2, Issue 4, July-August, 2014, pp: (6-15), Impact Factor: 1.125, Available online at: www.erpublications.com.
Akbar,  Sa’dun;  Sutama,  I  Wayan  &  Pujianto.  2009.  ”Pengembangan  Model Pembelajaran  Tematik  Untuk  Kelas  1  dan  2  Sekolah  Dasar”.  Jurnal Penelitian  Pendidikan,  Tahun  19,  Nomor  2, Oktober  2009, Hal.  140-151.
Arends,  Richard  I.,  2003. “Classroom  Instruction  and Management”. New York: McGraw-Hill Companies.
Arikunto, Suharsimi & Yuliana, Lia. 2008. “Manajemen Pendidikan”. Yogyakarta: Aditya Media.
Aunurrahman. 2009. “Belajar dan Pembelajaran”. Bandung: Alfabeta.
Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. (1982). “Qualitative Research For Education: An Introduction to Theory and Methods”.  Boston, Mass: Allyn and Bacon, Inc.
Bogdan, R. C, & Taylor, S. J. (1975). “Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed”. (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell,  John W.  2010.  “Research  Design:  Pendekatan  Kualitatif,  Kuantitatif, dan Mixed”. (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal: 309.
Daryanto. 2014. “Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013)”. Yogyakarta: Gava Media.

Desmita dan Mar’at, Samsunuwiyati. 2015. “Psikologi Perkembangan”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.
Erickson, H. Lynn.  2002. “Concept-Based Curriculum and  Instruction: Teaching Beyond the Facts”. California: Corwin Press, Inc. 
Good,  Thomas  L.,  and  Brophy,  Jere  E..  1990.  “Educational  Psychology:  A Realistic Approach. Fourth Edition”. London: Longman. 119.
Hamalik,  Oemar.  2007. “Manajemen  Pengembangan  Kurikulum”.  Bandung:  PT. Remaja Rosdakarya.
Harsanto, Radno. 2007. “Pengelolaan Kelas yang Dinamis”. Yogyakarta: Kanisius.
Ibrahim and Cut Morina Zubainur. (2015). “Integrative Curriculum in Teaching   Science in The Elementary School”. Journal of Arts, Science & Commerce ■E-ISSN2229-4686■ISSN2231-4172 International Refereed Research Journal ■www.researchersworld.com■Vol.–VI, Issue – 4, Oct. 2015 [48] DOI:10.18843/rwjasc/v6i4/07DOIURL http://dx.doi.org/10.18843/rwjasc/v6i4/07.
Milles, Mattew B & Huberman, Michael. 2002. “Analisa Data Kualitatif”. Jakarta: UI Press.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1984). “Qualitative Data Analysis”. A Sourcebook of New Methods”. Beverly Hills: Sage Publication.
Moleong, Lexy J. 2004. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 120.
Mulyasa, E. 2005. “Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution,  S.  2003.  “Berbagai  Pendekatan  dalam  Proses  Belajar  dan Mengajar”. Jakarta: Bumi Aksara.
Nkosana,  L.  M.  (2013).  “Theoretical  Insights  into  Curriculum  Reform  in  Botswana". International Journal of Scientific Research  in Education, 6(1), 68-75. Retrieved  [DATE] from http://www.ijsre.com.
NCAC.  2004. “Classroom Management:  Curriculum  Enhancement”.   New York: U.S Office of Special Education Program. 
Purwanto, Ngalim. 2003. “Psikologi Pendidikan”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Retnawati, Heri., Samsul Hadi and Ariadie Chandra Nugraha. (2016). “Vocational  High  School  Teachers’  Difficulties  in  Implementing  the Assessment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia”. International Journal of Instruction January 2016 ● Vol.9, No.1 e-ISSN: 1308-1470 ● www.e-iji.net p-ISSN: 1694-609X
Rubiyanto, Rubino. 2011. “Metode Penelitian Pendidikan”. Surakarta: Qinant.
Sanjaya,  Wina.  2008.  “Strategi  Pembelajaran;  Berorientasi  Standar  Proses Pendidikan”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto.  2003. “Belajar  dan Faktor-faktor  yang Mempengaruhinya.”  Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Spradley, J. P. (1980). “Participants Observation”. New York: Holt, Rinehart, and Winston.
Strauss A. & Corbin J., (2003). “Dasar-dasar Penelitian Kualitatif”. Terjemahan oleh M. Shodiq & Iman Muttaqien. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiman and Hardi Suyitno. (2016). “Readiness of Teachers of Extraordinary School in Central Java in Mastering of The Teaching Materials and Implementing of Curriculum of 2013 (A Case in Mathematics Teaching  At Extraordinary School”). International Journal of Contemporary Applied Sciences Vol. 3, No. 3, March 2016 (ISSN: 2308-1365)                                                                                                www.ijcas.net.
Suratinah,  Tirtonegoro.  2004. “Psikologi Belajar  dan Mengajar”. Bandung:  Sinar Baru Algensindo.
Suryosubroto, B. 2009. “Proses Belajar Mengajar di Sekolah”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sutikno, Sobry. 2009. “Belajar Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil”. Bandung: Prospect.
Sutopo, HB. 2006. “Metode Penelitian Kualitatif”. Surakarta: UNS Press.
Suyono &  Hariyanto.  2011.  Belajar  dan  Pembelajaran”.  Bandung:  PT.  Remaja Rosdakarya. 
Trianto. 2011. “Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik”. Jakarta: Prestasi Pustaka.






LAMPIRAN-LAMPIRAN
Tempat Parkir SD Negeri 3 Bawu Kemusu         Perpustakaan SD Negeri 3 Bawu Kemusu
Papan Misi SD Negeri 3 Bawu Kemusu          Papan Visi SD Negeri 3 Bawu Kemusu
         Papan gerakan pramuka SD Negeri 3 Bawu               Papan identitas SD Negeri 3 Bawu
LAMPIRAN-LAMPIRAN
 
Guru menjelaskan tentang ruang lingkup materi          Siswa memperhatikan penjelasan guru
  
       Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal             Siswa belajar mengerjakan soal dengan media
 
Guru mendampingi siswa mengerjakan tugas               Guru memberikan pengarahan kepada siswa














 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar