Sabtu, 03 Desember 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar Negeri 02 Klewor
Kelas / Semester           : IV (Empat) / I (Satu)
Tema 1                          : Indahnya Kebersamaan
Sub tema 1.1                 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran ke          : 2 (Dua)
Waktu                           : 60 menit
Hari/Tanggal                : Senin, 10 Maret 2014
                                                                                             
A.  KOMPETENSI INTI
K I   1.   :   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
K I   2.   :   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI    3.   :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI    4.    :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.  KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.6     Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
4.16  Mempresentasikan sudut lancip dan  sudut tumpul dalam bangun datar.
INDIKATOR
Matematika
3.6.1  Membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku
3.6.2  Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur
4.16.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk Sudut
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,  gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1  Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.1.1 Menjelaskan persamaan antara dua rumah adat yang disajikan
3.1.2 Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat yang disajikan
KOMPETENSI DASAR
SBdP
3.4    Mengenal tari-tari daerah dan keunikan gerakannya.
4.10  Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak.
INDIKATOR
SBdP
3.4.1 Menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas)
C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan perbedaan  antara dua rumah adat dengan benar.
2.       Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan persamaan antara dua rumah adat dengan benar.
3.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dengan benar.
4.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut dengan menggunakan busur dengan benar.
5.      Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan (asal, keunikan  gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan benar.
D.  MATERI AJAR
1.      Mengidentifikasi sudut dalam bangun datar dan macam-macam sudut serta mengukur besar sudut
2.      Persamaan dan perbedaan antara rumah adat
3.      Tari kipas
E.  PENDEKATAN, STRATEGI, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi       : Picture and picture
Metode       : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi kelompok (Discussion), Penugasan
F.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam dan mengajak berdoa (religius). (orientasi)
·   Mengecek kehadiran peserta didik. (orientasi)
·   Guru memberikan cerita tentang seorang tokoh yang patut diteladani atau gambar-gambar yang dapat memotivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. (motivasi)
·   Guru mengulang sedikit materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi yang telah diajarkan. (apersepsi)
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu  siswa mampu menjelaskan persamaan dan perbedaan  antara dua rumah adat dengan benar, membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dengan benar, mengukur besar sudut dengan menggunakan busur dengan benar, dan mampu menjelaskan (asal, keunikan  gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan benar. (tujuan pembelajaran)
10 menit
Inti
·   Siswa membaca teks tentang rumah adat dan mengamati bentuknya. (Penilaian no. 1) (mengamati)
·   Siswa mencari persamaan dan perbedaan dari dua rumah adat yang disediakan. (Penilaian no. 3) (mengamati)
·   Siswa menemukan sudut  lancip, tumpul, dan siku-siku. Siswa menunjukkan jawabannya dengan cara melingkari sudut yang dimaksud dan memberinya nama. (mengamati)
·   Siswa saling mengonfirmasi jawaban dengan pasangannya. Guru memberikan penguatan terhadap jawaban-jawaban siswa. (mengkomunikasi)
·   Untuk melatih daya analisis dan kemampuan bernalar,  guru memberikan pertanyaan tambahan:
Mengapa bentuk atap sebuah rumah memiliki besar sudut yang berbeda?
Apa pengaruhnya? (Penilaian no. 2) (menanya)
·   Siswa memperhatikan benda, misalnya buku, meja,dan papan tulis yang ditunjukkan guru. (mengamati)
·   Siswa menerka jenis sudut pada benda itu. (menalar)
·   Guru menunjukkan cara menghitung besar sudut benda di depan kelas untuk membuktikan jenis sudut pada benda dengan menggunakan busur. (Penilaian no. 1) (mengamati)
·   Siswa mencari 5 benda yang ada di sekitar mereka dan mengisi tabel (sesuai yang tertera pada buku siswa). (mengamati)
·   Siswa menerka besar dan jenis sudut (sudut lancip, tumpul, dan siku-siku) sesuai dengan benda yang mereka pilih. Siswa kemudian mengurutkan benda-benda tersebut berdasarkan besar sudut (bisa mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya). (mencoba)
·   Siswa membuktikan jenis sudut pada setiap benda dengan cara mengukur besar sudut tiap benda dengan menggunakan busur dan memeriksa sejauh mana terkaan mereka benar. (mencoba)
·   Siswa membaca dan menjawab pertanyaan  berdasarkan teks tarian tradisional. (Penilaian no. 4) (mencoba)
·   Siswa bisa mencoba gerakan tarian tersebut dengan   bimbingan guru. (mencoba)
·   Bersama teman kelompoknya, siswa menemukan gerakan-gerakan beserta jenis-jenis sudut yang dihasilkannya. Gambar harus memuat ketiga jenis sudut dan menyebutkan besarannya. (membentuk jaringan)
·   Siswa dapat mempraktikannya terlebih dahulu. (mencoba)
40 menit
Penutup
·  Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu. (simpulan)
·  Peserta didik  melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini dengan   mengungkapkan  perasaan dan manfaatnya. (refleksi)
·  Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (evaluasi)
·  Guru melakukan penilaian dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan. (evaluasi)
·  Guru memberikan penghargaan terhadap hasil belajar siswa.
·  Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghormati keanekaragaman suku bangsa  dan budaya di Indonesia, menumbuhkan rasa peduli sosial yang tinggi, dan bijaksana dalam perbedaan yang ada. (evaluasi)
·  Guru memberikan tindak lanjut berupa pengayaan, remidial, dan penugasan. (usaha tindak lanjut)
·  Guru menginformasikan kegiatan belajar untuk hari berikutnya. (usaha tindak lanjut)
·  Salam dan doa penutup.
10 menit
G.      MEDIA, ALAT PERAGA DAN SUMBER BELAJAR
Media                   : Cerita bergambar, Power Point
Alat Peraga          : Busur, penggaris, dan picture (gambar)
Sumber belajar     : Buku Tematik siswa  BSE hal 10-17, Buku tematik guru BSE hal 11-17
H.      PENILAIAN
Penilaian proses             : dilakukan selama proses pembelajaran
Penilaian hasil belajar    : Tertulis, lisan, praktek
                                                                                                  Surakarta, 10 Maret 2014
Mengetahui
              Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas
Yulia Maftuhah Hidayati S.Pd.,M.Pd.                                                             Sri Wahyuni
LAMPIRAN
Penilaian
1. Daftar periksa untuk sudut dalam gambar gerakan dan mengukur sudut. (Matematika)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Ya
Tidak
Siswa dapat menerapkan pemahaman sudut lancip, tumpul, dan siku-siku  dalam gambar.
Siswa dapat mengukur sudut dengan tepat.
2. Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(3)
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan.
(2) 
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(1)
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespons dan
menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat.
(3)
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman.
(2) 
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal yang ditunjukkan
teman.
(1)
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. 
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi.
(3) 
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai
dengan topik.
(2) 
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.
(1) 
Keruntutan
berbicara
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.
(3)
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.
(2) 
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut.
(1)
  Catatan     : Centang   (v)  pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian   :  total nilai   x 10   
         12
Contoh   :   2+3+1+2
12 x 10 = 8
   12 x 10= 6,7
3.      Daftar periksa untuk perbedaan dan persamaan dalam rumah adat. (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Ya
Tidak
Siswa dapat menerapkan pemahaman sudut lancip, tumpul, dan siku-siku  dalam gambar.
Siswa dapat mengukur sudut dengan tepat.
4.      Lembar kerja menjawab pertanyaan dalam teks dinilai dengan nilai angka. (SBdP)
5.      Penilaian sikap (rasa ingin tahu,tekun dan teliti, cinta tanah air).
`NO
SIKAP
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Ket
Toleransi
Teliti
Rasa ingin tahu
Pengayaan
Siswa mencari sudut siku-siku di sekitarnya dan membuktikan dengan cara yang berbeda-beda.
Remedial
·   Bagi siswa yang belum memiliki keterampilan menggunakan busur, guru dapat melatih
mereka di luar jam pelajaran. Siswa mengukur besar sudut dari soal-soal yang disiapkan
oleh guru.
Contoh: Ukur sudut pada gambar
·         Guru memperhatikan cara siswa menggunakan busur.
·         Kegiatan dilakukan selama 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar