RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 02 Klewor
Kelas / Semester :
IV (Empat) / I (Satu)
Tema 1 : Indahnya
Kebersamaan
Sub tema 1.1 : Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran ke
: 2 (Dua)
Waktu : 60 menit
Hari/Tanggal : Senin, 10 Maret 2014
A.
KOMPETENSI INTI
K
I 1.
: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
K I
2. : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3.
: Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
KI
4. : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.6 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan
dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
4.16 Mempresentasikan sudut lancip
dan sudut tumpul dalam bangun datar.
INDIKATOR
Matematika
3.6.1 Membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan
siku-siku
3.6.2 Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur
4.16.1
Mendeskripsikan bentuk-bentuk Sudut
KOMPETENSI DASAR
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan
tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
3.1.1
Menjelaskan persamaan antara dua rumah adat yang disajikan
3.1.2
Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat yang disajikan
KOMPETENSI DASAR
SBdP
3.4 Mengenal tari-tari daerah dan keunikan
gerakannya.
4.10 Memperagakan makna gerak ke
dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan
ruang gerak.
INDIKATOR
SBdP
3.4.1
Menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas)
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks dan mengamati
gambar, siswa mampu menjelaskan perbedaan
antara dua rumah adat dengan benar.
2. Setelah membaca teks dan mengamati gambar,
siswa mampu menjelaskan persamaan antara dua rumah adat dengan benar.
3. Setelah bereksplorasi, siswa mampu
membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dengan benar.
4. Setelah bereksplorasi, siswa mampu
mengukur besar sudut dengan menggunakan busur dengan benar.
5. Setelah membaca teks dan berdiskusi,
siswa mampu menjelaskan (asal, keunikan
gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan benar.
D.
MATERI AJAR
1.
Mengidentifikasi sudut dalam bangun datar
dan macam-macam sudut serta mengukur besar sudut
2. Persamaan dan perbedaan antara rumah adat
3. Tari kipas
E.
PENDEKATAN, STRATEGI, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Picture and
picture
Metode : Ceramah, Tanya
Jawab, Diskusi kelompok (Discussion), Penugasan
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Guru memberikan salam dan mengajak berdoa (religius). (orientasi)
· Mengecek kehadiran peserta didik.
(orientasi)
· Guru memberikan cerita tentang
seorang tokoh yang patut diteladani atau gambar-gambar yang dapat memotivasi
peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. (motivasi)
· Guru mengulang sedikit materi yang
telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya untuk mengetahui sejauh mana
pemahaman siswa tentang materi yang telah diajarkan. (apersepsi)
· Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan
dipelajari, yaitu siswa mampu menjelaskan persamaan dan
perbedaan antara dua rumah adat dengan
benar, membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dengan benar,
mengukur besar sudut dengan menggunakan busur dengan benar, dan mampu
menjelaskan (asal, keunikan gerakan)
salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan benar. (tujuan pembelajaran)
|
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa membaca teks tentang rumah adat dan
mengamati bentuknya. (Penilaian no. 1) (mengamati)
·
Siswa mencari persamaan dan perbedaan dari dua
rumah adat yang disediakan. (Penilaian no. 3) (mengamati)
·
Siswa menemukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku. Siswa
menunjukkan jawabannya dengan cara melingkari sudut yang dimaksud dan
memberinya nama. (mengamati)
·
Siswa saling mengonfirmasi jawaban dengan
pasangannya. Guru memberikan penguatan terhadap jawaban-jawaban siswa. (mengkomunikasi)
·
Untuk melatih daya analisis dan kemampuan
bernalar, guru memberikan pertanyaan
tambahan:
• Mengapa
bentuk atap sebuah rumah memiliki besar sudut yang berbeda?
• Apa
pengaruhnya? (Penilaian no. 2) (menanya)
·
Siswa memperhatikan benda, misalnya buku, meja,dan
papan tulis yang ditunjukkan guru. (mengamati)
· Siswa
menerka jenis sudut pada benda itu. (menalar)
·
Guru menunjukkan cara menghitung besar sudut benda
di depan kelas untuk membuktikan jenis sudut pada benda dengan menggunakan
busur. (Penilaian no. 1) (mengamati)
·
Siswa mencari 5 benda yang ada di sekitar mereka
dan mengisi tabel (sesuai yang tertera pada buku siswa). (mengamati)
·
Siswa menerka besar dan jenis sudut (sudut lancip,
tumpul, dan siku-siku) sesuai dengan benda yang mereka pilih. Siswa kemudian
mengurutkan benda-benda tersebut berdasarkan besar sudut (bisa mulai dari
yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya). (mencoba)
·
Siswa membuktikan jenis sudut pada setiap benda
dengan cara mengukur besar sudut tiap benda dengan menggunakan busur dan
memeriksa sejauh mana terkaan mereka benar. (mencoba)
·
Siswa membaca dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks tarian tradisional.
(Penilaian no. 4) (mencoba)
·
Siswa bisa mencoba gerakan tarian tersebut
dengan bimbingan guru. (mencoba)
·
Bersama teman kelompoknya, siswa menemukan
gerakan-gerakan beserta jenis-jenis sudut yang dihasilkannya. Gambar harus
memuat ketiga jenis sudut dan menyebutkan besarannya. (membentuk
jaringan)
·
Siswa dapat mempraktikannya terlebih dahulu. (mencoba)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada
pertemuan hari itu. (simpulan)
·
Peserta
didik melakukan refleksi mengenai kegiatan
belajar mengajar hari ini dengan
mengungkapkan perasaan dan
manfaatnya. (refleksi)
·
Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (evaluasi)
·
Guru melakukan penilaian dengan
mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan. (evaluasi)
·
Guru memberikan penghargaan terhadap hasil belajar
siswa.
·
Guru menyampaikan pesan moral untuk
senantiasa menghormati
keanekaragaman suku bangsa dan budaya di
Indonesia, menumbuhkan rasa peduli sosial yang tinggi, dan bijaksana dalam
perbedaan yang ada. (evaluasi)
·
Guru
memberikan tindak lanjut berupa pengayaan, remidial, dan penugasan. (usaha
tindak lanjut)
·
Guru menginformasikan kegiatan belajar untuk hari
berikutnya. (usaha tindak lanjut)
·
Salam dan doa penutup.
|
10 menit
|
G.
MEDIA, ALAT PERAGA DAN SUMBER BELAJAR
Media : Cerita bergambar, Power Point
Alat Peraga : Busur, penggaris, dan picture (gambar)
Sumber
belajar : Buku Tematik siswa BSE hal 10-17, Buku tematik guru BSE hal
11-17
H.
PENILAIAN
Penilaian proses : dilakukan selama proses pembelajaran
Penilaian hasil belajar : Tertulis, lisan, praktek
Surakarta, 10 Maret
2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Kelas
Yulia Maftuhah Hidayati S.Pd.,M.Pd. Sri
Wahyuni
LAMPIRAN
Penilaian
1. Daftar
periksa untuk sudut dalam gambar gerakan dan mengukur sudut. (Matematika)
Kriteria
Penilaian
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Siswa dapat menerapkan pemahaman sudut
lancip, tumpul, dan siku-siku dalam
gambar.
|
||
Siswa dapat mengukur sudut dengan
tepat.
|
2. Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(3)
|
Mendengarkan
teman
yang
berbicara namun
sesekali
masih perlu
diingatkan.
(2)
|
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(1)
|
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
|
Merespons dan
menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat.
(3)
|
Merespons
dengan tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
(2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal yang ditunjukkan
teman.
(1)
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi.
(3)
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
Merespons sesuai
dengan
topik.
(2)
|
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.
(1)
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.
(3)
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut,
tetapi belum
konsisten.
(2)
|
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut.
(1)
|
Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total
nilai x 10
12
Contoh
: 2+3+1+2
12 x 10 = 8
12
x 10= 6,7
3. Daftar periksa untuk perbedaan dan
persamaan dalam rumah adat. (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Penilaian
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Siswa dapat menerapkan pemahaman sudut
lancip, tumpul, dan siku-siku dalam
gambar.
|
||
Siswa dapat mengukur sudut dengan
tepat.
|
4. Lembar kerja menjawab pertanyaan dalam
teks dinilai dengan nilai angka. (SBdP)
5. Penilaian sikap (rasa ingin tahu,tekun
dan teliti, cinta tanah air).
`NO
|
SIKAP
|
Belum terlihat
|
Mulai terlihat
|
Mulai berkembang
|
Membudaya
|
Ket
|
Toleransi
|
||||||
Teliti
|
||||||
Rasa ingin tahu
|
Pengayaan
Siswa mencari
sudut siku-siku di sekitarnya dan membuktikan dengan cara yang berbeda-beda.
Remedial
· Bagi siswa yang belum memiliki keterampilan menggunakan busur, guru
dapat melatih
mereka di luar
jam pelajaran. Siswa mengukur besar sudut dari soal-soal yang disiapkan
oleh guru.
Contoh: Ukur
sudut pada gambar
·
Guru
memperhatikan cara siswa menggunakan busur.
·
Kegiatan
dilakukan selama 30 menit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar